Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Laser Pointer

Cahaya Laser


Sambil mengisi waktu kali ini, saya bikin proyek sederhana yaitu laser pointer. Pertanyaannya buat apa, kenapa nggak beli saja banyak yang murah meriah di toko.

Selain barangnya mudah rusak (pengalaman) dan kini yang namanya komponen elektronika maupun modul-modul murah juga banyak dipasaran. Beberapa alasan lainnya saya sebagai teknisi yang hobby elektronik sederhana berkeinginan merakit sendiri untuk keperluan mengajar di kelas.

Nah sebelum masuk ke perakitan ada baiknya saya informasikan sedikit apa sih LASER itu, yang jelas nggak ada kaitannya sama obat batuk laserin. Menurut wikipedia laser kependekkan dari Light Amplification by Stimulated Emission Radiation yang kalau diartikan secara bebas kurang lebih adalah Penguatan cahaya berdasarkan emisi terstimulasi.

Sebelum laser itu sendiri diciptakan, pertamakali yang mengemukakan teorinya adalah Albert Einstein (1917) selanjutnya di lakukan paten oleh Theodore H. Maiman tahun 1960 dimana sbelumnya beberapa ahli telah melakukan penelitian serupa.

Secara teknis laser termasuk hasil dari mekanika kuantum, untuk penjelasan teknis lebih mendalam tidak akan saya bahas banyak karena saya nggak suka mengulang-ulang apa yang sudah banyak bertebaran di dunia maya, berikut saya tampilkan daftar kekuatan laser:


1-5 mW             Laser Penunjuk
5 mW                Perangkat CD-ROM
5–10 mW          DVD Player Atau Perangkat DVD-ROM
100 mW            Kecepatan Tinggi Pembakaran Citra CD-RW
250 mW            Pemakai Pembakaran DVD-R 16x
400 mW            Membakar Kotak Perhiasan Dengan Diska Didalamnya Selama 4 Detik
                          Percetakan DVD Piringan Ganda 24x
1 W                   Laser Hijau Digunakan Di dalam Piringan Holographic Versatile Disc (HVD)
1–20 W             Tidak Dijual Umum, Tetapi Ada Dan Digunakan Untuk Mesin Kecil
30–100 W         Pembedahan CO2
100–3000 W     Pembedahan CO2 Dan Laser Ini Digunakan Untuk Pemotongan Di Pabrik
5 kW                 Daya Pengeluarannya Mencapai 1 Cm/Bar
100 kW             Digunakan Dalam Bidang Persenjataan Dan Didistribusikan Oleh Northrop Grumman

Saat ini laser dengan kekuatan 1000 milli watt hingga 2000 milli watt bisa didapatkan di pasaran biasanya digunakan terbatas sebagai alat grafir fisiknya seperti printer 3D.


Berikut alat dan bahan bahan laser pointer saya terdiri dari :

1. 1x PCB lubang dobel layer ukuran 3 x 7cm Rp. 6000
2. 1 x Laser dot red 3 Volt harga Rp. 4000
3. 1x Push button switch tactile Rp. 300
4. 1x Battery holder 1 x 18650 Rp. 7000
5. 1x Battery 18650 harga bervariasi.
6. Dobel tape secukupnya
7. Solder dan timah

Alat dan bahan


Beberapa bahan sebenarnya bisa menyesuaikan, kebetulan saya setiap melakukan pembelian komponen di Bukapalak selalu melebihkan jumlah atau menambah item lain sebagai cadangan.

Pada rangkaian sederhana ini laser tidak menggunakan rangkaian driver jadi secara sederhana dioda laser langsung dihubungkan dengan sumber tenaga battery dan sebagai pemutus daya menggunakan switch kecil jenis tactile, sederhana kan.

Diagram koneksi


Dioda laser memiliki kutub positif dan negatif seperti dioda led (Light Emitting Dioda) jadi pemberian daya tidak boleh terbalik dan tegangannya karena ini adalah dioda laser 3 Volt maka digunakan battery 18650 (3,7 Volt) atau bisa menggunakan 2 buah battery ukuran AA atau AAA yang masing masingnya memilik tegangan 1,5 Volt disusun secara seri.

Rangkaian Laser
Pemasangan Komponen

Seperti gambar diatas pastikan pemasangan switch tidak terbalik, dimana saat tombol ditekan switch akan memberikan tegangan positif kearah dioda. Sementara kutub negatif dioda laser nanti dikoneksikan langsung dengan kutub negatif battery.

Selanjutnya gunakan double tape untuk merekatkan battery holder di sisi bawah papan sirkuit kemudian solder kabel kutub baterry negatif (hitam) ke kutub negatif dioda, sedangkan yang positif disolde ke switch tactile seperti di gambar diagram.

Untuk memperkuat posisi kepala dioda kamu bisa menambahkan lem besi atau epoxy setelahnya, menjaga seandainya tersenggol atau jatuh tanpa sengaja.

Homebrew Laser Pointer


Hasil proyek sederhana ini bisa digunakan sebagai pointer saat presentasi ataupun lainnya, dan dengan penggunaan battery ukuran 18650 ini akan memberikan daya tahan penggunaan yang lama. Namun perlu diperhatikan jangan sampai digunakan untuk menyinari mata walupun tidak bersifat membakar tetap saja sinar yang dihasilkan sangat menyilaukan.

Saya rasa cukup mudah dalam pembuatan laser pointer ini, lain waktu kita buat proyek laser yang menggunakan komponen bekas DVD RW, dan nantikan proyek-proyek elektronik sederhana lainnya.


Post a Comment for "Membuat Laser Pointer"

Berlangganan via Email