Widget HTML #1

Tips Membuat Tahu Lumer / Tahu Susu

Tahu lumer
Tahu Lumer

Sudah beberapa hari ini istri lagi dapat pesanan tahu lumer,  eh iseng jadi ingin buat postingannya.

Sebelumnya saya lihat dia eksperimen mencoba membuat tahu ini dari awal. Yang membuat dia penasaran karena katanya cukup viral di medsos.

Menurut informasi sebenarnya tahu susu adalah tahu yang pembuatannya direndam dengan susu,  tetapi karena tidak semua daerah terdapat peternakan sapi perah maka dibuatlah dengan metode lain dan lebih cocok dengan nama tahu lumer.
Tahu lumer
Perendaman Baking Soda
Persiapan bahan
1. Tahu biasa
2. Baking soda/soda kue
3. Garam
4. Bawang putih
5. Air mendidih

Proses

1. Haluskan bawang putih dan garam kemudian tuang kedalam air panas. Campurkan baking soda kedalamnya dan aduk rata.

2. Potong tahu kira kira menjadi 4 atau berbentuk dadu dan jangan terlalu kecil nah kira kira seukuran tahu sumedang.

3. Rendam potongan tahu tadi kedalam air diatas selama kurang lebih 3 jam lalu ditiriskan dan simpan di lemari pendingin / kulkas selama 1 sampai 2 jam.

4. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak hingga tahu bisa tenggelam dalam minyak. Goreng tahu sampai berkulit.


Jika proses berjalan dengan baik maka tahu yang digoreng ketika dimakan crispy dibagian luar dan lumer pada bagian dalamnya.

Beberapa kali kegagalan yang dialami adalah tahu ambyar saat digoreng akibat kebanyakan baking soda atau terlalu lama merendam.

Sebaliknya,  tahu akan jadi tahu sumedang kalau baking soda kurang dan atau waktu perendaman kurang.

Demikian ulasan pagi ini, nah bagi yang mencoba jika mengalami kegagalan diawal jangan pernah menyerah karena hasilnya bermanfaat untuk seluruh keluarga. Jangan lupa kalau sudah berhasil kita di buatkan satu kotak untuk pengujian.

Apalagi bagi istri saya yang menyebut dirinya pejuang receh, terbukti hari ini saja sudah banyak yang pre order tahunya ha ha ha ha.

Berikut penampakannya, harga per kotak dijual Rp. 10.000 isi 16 dadu kalau yang mateng Rp. 15.000 isi 15 tahu katanya, hmmm jadi ingat tahu bulat yang dulu muter-muter depan rumah....

tahu lumer
1Kotak isi 16 biji

Post a Comment for "Tips Membuat Tahu Lumer / Tahu Susu"