Widget HTML #1

Elearning 2.0 untuk Ujian Daring


Elearning 2.0

Hari ini telah dilakukan uji coba atau simulasi ulangan semesteran online dengan aplikasi elearning 2.0 sebelum melakukan ujian semesteran yang sebenarnya tiga hari lagi. Sekaligus untuk melihat kinerja sistem juga membiasakan siswa untuk login nantinya.

Ini uji pertama menggunakan elearning untuk semesteran, sementara biasanya hanya digunakan untuk pemberian tugas siswa dirumah.

Dari hasil uji simulasi mendapati hasil baik, artinya ratusan siswa secara bersamaan melaksanakan ujian tidak mengalami kendala berarti. Kendala yang dihadapi adalah adanya beberapa siswa nyangkut di halaman tugas yang diberikan guru sebelumnya, dimana tugas tersebut telah ditutup.

Uji simulasi menggunakan soal bahasa inggris jenis pilihan ganda 30 soal dan dilaksanakan selama 2 jam, diikuti oleh seluruh siswa kelas 10 dan 11 dari 4 kompetensi keahlian.


Berikut adalah kendala yang muncul saat dilaksanakan ujian simulasi beserta penanganannya :

1. Saat login siswa mendapati halaman blank dengan tulisan Terjadi kesalahan. Alamat pada url merujuk ke ID tugas yang sudah ditutup.

Penanganan : Terbitkan tugas rujukan, refresh halaman siswa kemudian tugas bisa ditutup lagi. Agar tidak terulang sebaiknya setiap pelaksanaan ujian ada baiknya tugas-tugas dihapus dahulu uoleh administrator.

atau pastikan setelah nilai siswa direkap dilakukan reset siswa baik yang sudah muncul nilainya dan siswa yang masih nyagkut pada laman pantauan pengerjaan soal.

2. Saat login, muncul peringatan Akun tidak ditemukan, padahal akun dan password sudah benar.

Penanganan : masuk ke profil siswa, perbaharui password, bisa dengan password yang lama.

3. Saat penutupan soal, masih ada siswa yang sedang mengerjakan, sehingga rekap nilai tidak masuk.

Penanganan : Terbitkan kembali tugas/ujian login dengan akun siswa. Terkadang ada pula muncul akun tidak ditemukan, bisa merujuk ke masalah nomer 2.



Kesimpulan :

Penggunaan aplikasi ini menuntut administrator mengerti dalam penggunaan, dalam pelaksanaan ini saya berbagi tugas dengan satu orang laboran sebagai administrator tambahan untuk mempercepat penaganan masalah yang masuk lewat grup WA Guru.

Nilai plus dari aplikasi ini, mudah dipsang pada hosting, bisa digunakan di jaringan lokal, simpel untuk dipahami, ringan, bisa blocking siswa sewaktu-waktu jika dibutuhkan, semisal untuk sekolah swasta jika belum menyelesaikan administrasinya.

Demo dan aplikasi bisa diunduh gratis di laman dokumenary menu aplikasi elearning.

Fitur-fitur Elearning :

- Pengelolaan kelas untuk masing2 guru
- Tugas dalam bentuk Pilihan ganda, Essay dan upload dokumen
- Acak soal dan jawaban
- Halaman materi
- Export import soal
- Analisis jawaban
- Pencapaian KD
- Tugas kelompok
- Cetak soal tugas
- Cetak kartu login peserta
- Bank soal
- Mudah untuk di hosting
- Bisa digunakan di lingkungan LAN atau WLAN, dll

Namun sayang nya untuk aplikasi ini membutuhkan beberapa Plugin Tambahan untuk mempermudah penggunaanya serta fitur tambahan lain.



Aplikasi ini sudah tidak dikembangkan lagi alias berubah jenis menjadi sistem berlangganan sehingga pluginnya pun sudah tidak diberikan oleh pengembangnya. Harga plugin lengkap mencapai Rp. 2.250.000,- namun jika ada yang berminat bisa mendapatkan full plugin seharga Rp. 350.000,- melalui tombol WA saya diatas.

Update :

Hasil ujian online cukup baik, melibatkan jumlah siswa 267 dan, kurang lebih 5 persen siswa mengalami kegagalan login atau lag diawal namun dapat teratasi pada akhirnya sesuai dengan penurunan request data setelah mengerjakan soal.

Hal yang terasa kurang dari aplikasi ini tidak adanya reset login jika akun nyangkut, jika direset maka ujian yang sudah dijalankan akan diulang dan ketika ujian ditutup atau dihentikan ketika siswa masih mengerjakan soal maka nilai belum muncul, hanya sebatas jumlah dikerjakan, jumlah benar dan jumlah salah.

Mungkin ini bisa diatasi dengan server yang lebih bagus atau sejenis vps begitu. Besok akan kami coba antara tingkat 10 dan 11 diberi jeda 5 menit agar tidak barengan login dan bisa mengurangi beban bandwidth.

History Bandwidth
History Bandwitdh

Ujian Daring Akhirnya Lancar

Akhirnya ujian berjalan dengan baik begitu juga dengan susulan. Kami lakukan pemisahan server antara kelas 10 dan 11 kebetulan punya dua server hosting. Jadi kesimpulannya ada baiknya memisahkan masing-masing tingkat pada server hosting yang berbeda, apalagi jika siswanya memang banyak.

Update :

Update barunya lumayan nih, secara official update pentingnya adalah jika akun siswa nyangkut pada mapel terdahulu yg belum selesai dikerjakan dan mapel tersebut sudah tidak diterbitkan, maka akun siswa dibebaskan secara otomatis dan pengerjaan mapel tersebut dihapus.

Kemudian saya modifikasi sedikit, agar akun siswa tetap tidak nyangkut dan hasil pengerjaan mapel dimana akun tersebut nyangkut tetap tidak terhapus sehingga nilainya tetap bisa didapat.

Disarankan untuk penggunaan ujian pada server hosting biasa, siswa yang login kurang lebih 200 siswa agar lancar, dari beberapa kali digunakan hanya satu dua saja yang bermasalah, itupun karena koneksi di siswa biasanya yang berakibat load halaman tidak sempurna berujung pilihan jawaban tidak masuk atau tidak bisa memencet tombol selesai.

Satu server hosting biasa cukup lancar untuk kurang lebih 200 siswa, sehingga memerlukan beberapa server hosting untuk banyak siswa, karena ternyata ada hasting yang kurang kuat untuk CBT Online bahkan tidak mengijinkan pemasangannya karena dianggap memberatkan server dan mengganggu pelanggan lain.(kami menggunakan hosting dari rumahweb.com)

Jika memungkinkan atau mampu sebaiknya pakai VPS sendiri atau dedicated server yang tentu saja anggarannya mahal.
 
Final Testimoni :
Sangat puas dalam penggunaanya, dalam pelaksanaan Penilaian Akhir Semester kelas 12 dan Penilaian Tengah Semester kelas 10 dan 11 tahun 2021 berjalan tanpa masalah sama sekali.  Begitu juga dalam penggunaan  sehari-hari pada masa pandemi (School From Home) untuk pemberian materi maupun tugas.

2 comments for "Elearning 2.0 untuk Ujian Daring"

  1. Comment Author Avatar
    1. Comment Author Avatar
      plugin nggak dishare gratis om, kalo konsultasi nya gratislah hehe

- Silahkan berkomentar yang baik ...