Widget HTML #1

Web Sekolah Gratis Berbasis Code Igniter


mSekolah

Iseng saja supaya punya artikel yang berbau CI alias Code Igniter, kebetulan nemu aplikasi website sekolah ini dan setelah diuji cobakan di server lokal AMPPS milik saya eh...ternyata keren sekali.

Dulu biasanya membangun web saya percayakan menggunakan CMS Joomla, akhir-akhir ini lebih sering menggunakan blogger dengan template-template premium dengan alasan simpel dan murah meriah karena cuma modal beli domain.

Baik itu untuk web profil atau online shop saya pakai blogger saja dengan berbagai alasan mulai dari kemudahan untuk client mengelola, murah, aman dan tidak sedikit pada akhirnya laman tersebut mangkrak karena tidak dikelola kembali.

Oke bagi praktisi IT sepertinya sudah mengenal apa itu CI atau Code Igniter, saya bisa katakan saat ini salah satu jamannya Code Igniter yang merupakan framework dengan berbagai fungsi aplikasi berbasis web dan database.

Dengan framework ini dapat dibuat aplikasi seperti website CMS (seperti wordpress atau joomla), aplikasi penjualan atau POS, aplikasi CBT seperti CandyCBT dan lain sebagainya.

Selain Code Igniter ada juga framework lain misalnya Laravel, Yii, Symfony, Fuel PHP, Zend, Phalcon dan Cake PHP.

Nah yang dibahas kali ini adalah website sekolah yang di buat oleh Pak Fikri (mfikri.com) jika anda berminat silahkan unduh langsung di laman tersebut. Ada beberapa project berbasis CI disana dan bersifat free alias gratis namun jika berkenan silahkan berdonasi untuk pengembangannya.

Dashboard Msekolah

Dari hasil pengujian di localhost bisa saya katakan sangat bagus karena sudah memiliki aspek-aspek yang dibutuhkan sekolah, jadi bisa dikatakan merupakan CMS atau Conten Management System laman sekolah yang mudah digunakan dengan pengelolaan melalui halaman backend admin LTE lengkap dengan statistiknya seperti milik blogger.

Ada pengelolaan galeri, guru, siswa maupun unduhan file. Selain itu tersedia pula aplikasi laman sekolah versi 2 dengan Code Igniter versi 3 dengan nama mschool dilaman Pak Fikri.

Kalau kamu ingin membangun web sekolah dengan cepat dan praktis, bisa mencoba aplikasi ini sebagai alternatif murah. Bisa dicobakan terlebih dahulu di hostingan gratis seperti infinityfree.net atau awardspace.com sebelum memutuskan beli domain.

Akhir tulisan saya sampaikan Terima Kasih atas sharing aplikasi web sekolah gratis nya pak Fikri.

Post a Comment for "Web Sekolah Gratis Berbasis Code Igniter"