Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Absensi Siswa

Attendance Tracker
Attendance Tracker


Sebagai seorang tutor atau guru tentunya punya permasalahan dalam hal menyimpan data absensi siswa karena merupakan salah satu instrumen penting dalam memberikan penilaian kehadiran.

Kali ini saya akan ulas sebuah aplikasi android yang sudah saya gunakan sebagai aplikasi bantu selama satu tahun belakangan dengan sangat memuaskan.

Nama aplikasinya adalah Attendance Tracker dari PeterMan Apps.

Dengan aplikasi ini kita dapat melakukan absensi dengan mudah di dalam kelas dengan cara menandai pilihan yang telah disediakan yang terdiri dari hadir, tidak hadir, tanda tanya, sakit, terlambat dan opsi memberi catatan pada masing-masing peserta didik.

Dalam memasukkan data peserta dapat dilakukan dengan cara manual atau melakukan import melalui googlesheet. Setelah itu kita dapat melakukan penambahan foto peserta dengan cara memindai langsung peserta melalui kamera handphone serta menambahkan  data lainnya seperti email dan nomer kontak.

Salah satu fitur yang paling saya suka adalah adanya foto masing-masing siswa yang membantu dalam menghafal wajah, sehingga lebih mudah mengingat kemampuan masing-masing peserta didik.

Fitur lainnya yang sangat penting adalah aplikasi ini dengan mudah dapat melakukan backup dan restore data dalam bentuk file ke penyimpanan lokal di Handphone, lengkap dengan fotonya.

attendance tracker
Penambahan Kelas

attendance tracker
Daftar Siswa


attendance tracker
Data Siswa

attendance tracker

Namun demikian aplikasi ini adalah terbatas untuk versi gratisnya, dimana pengelolaan kelas dibatasi sebanyak 5 dan per kelas (event) dbatasi sebanyak 25 absensi (instances) serta adanya suguhan iklan dibagian bawah aplikasi.

Dengan harga yang ditawarkan versi unlimit seharga Rp. 67.112 dan diskon 10% saya rasa tidaklah mahal untuk penggunaan selamanya. Walaupun sudah setahun tidak diupdate dan memiliki rating 3.9 saya masih merasakan kemudahan dan kelengkapannya sangat baik dibandingkan produk serupa.

Artikel saya tidak bermaksud untuk promosi karena tidak ada afiliasi dengan produk-produk ini melainkan pengalaman penggunaan semata yang saya ceritakan.

Aplikasi absensi siswa android alternatif

Sebagai alternatif pembanding aplikasi serupa yang pernah saya coba dan berlisensi gratis adalah Absensi Siswa produksi High Air dan SiDisiplin produksi Kopas Project. Aplikasi ini sangat mirip dengan aplikasi yang saya bahas sebelumnya, selain itu aplikasi ini adalah karya anak bangsa dan berbahasa indonesia.

Kedua aplikasi anak bangsa ini mendapatkan apresiasi cukup baik dari pengguna, walaupun didalamnya disematkan iklan dalam penggunaanya. Saya pribadi masih menunggu versi perbaikannya untuk beralih dari aplikasi Attendance Tracker.

Jika anda adalah seorang tutor/guru yang membutuhkan kemudahan, kecepatan, kenyamanan dalam hal absensi dan penilaian dijaman digital ini ada baiknya menggunakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang tersedia di Playstore sesuai dengan kebutuhan.

Posting Komentar untuk "Aplikasi Absensi Siswa"

Berlangganan via Email