Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Bedanya Mi Band 4 Asli Dan Yang KW

Mi Band 4
Xiaomi Mi Band 4

6 Bulan sudah saya menggunakan smartwatch besutan Xiaomi Mi Band 4 ini, sudah saatnya saya ulas. Karena sebelum punya punya Mi Band yang asli ini saya sempat beli beberapa yang kw untuk saya jual kembali di online shop lokal di daerah saya untuk kalangan yang sekedar pingin punya jam bergaya Mi Band tapi murah.

Saya pun sempat pakai dan dikira Mi Band asli karena tampilannya sepintas sangat mirip bahkan gelang strapnya bisa saya katakan terbuat dari karet yang cukup bagus.

Dari segi harga tentunya sangat jauh berbeda, yang asli saya beli dari Surabaya seharga Rp. 346.500 sementara yang Kw seharga 51.000 tidak termasuk ongkir ke tempat saya yaitu Rp.52.000.

Mi Band KW sangat mirip yang asli

1. Boxing

Oke langsung saja saya ceritakan kalau smart band mirip Mi Band 4 itu mulai dari boxingnya juga sangat mirip dengan yang asli. Saat dibuka dalam paket MI Band Kw akan mendapatkan sebuah gelang strap dari karet beserta jamnya dan kabel khusus untuk melakukan pengisian ulang jam.

Terdapat pula buku panduan kecil yang berisi petunjuk untuk melakukan instalasi aplikasi pada gawai / handphone android kita.  Dari pengalaman 3 kali beli ternyata jenis kw ini banyak juga macamnya atau versinya karena masing-masing juga harus menggunakan aplikasi yang berbeda yang tidak bisa dipasangkan kalau tidak cocok.

Mi Band Palsu
Mi Band Kw


Mi Band Ori
Mi Band Ori

Kalau melihat kedua gambar diatas kamu pasti tau bedanya sekarang, pada box Mi Band 4 yang original / asli angka 4 nya memiliki textur 3d dan berhologram, jika di unboxing di dalamnya terdapat dus lagi berwarna putih sementara yang kw menggunakan plastik putih bening seperti tempat kue.

2. Fisik

Ukuran fisik atau dimensi antara Mi Band 4 Ori dengan yang Kw hampir sama hanya saja yang kw lebih panjang sedikit sekitar 1 milli, ini saya ketahui ketika gelang strap saya pertukarkan.

Untuk body jam yang kw terbuat dari plastik biasa kemudian bagian layar luarnya juga dari plastik yang mudah tergores, sedangkan yang ori nampaknya plastik yang lebih bermutu seperti ABS (Akrilonitril butadiena stiren) dan layar luarnya menggunakan tempered glass sehingga tida mudah tergores.

3. Fitur

Bagian fitur tidak saya bahas secara mendalam, berikut saya sajikan langsung perbandingan penting diatara keduanya :

 No Mi Band Ori
Mi Band Kw
 Keterangan
 1Aktifitas olah raga
 AdaKwalitas sensor berbeda
 2Notifikasi Medsos
 AdaMi Band kw tidak bisa scroll pesan
 3Sensor detak jantung
 Ada
Sensor  Mi Band Kw hanya led biasa tanpa sensor, hasil pengukuran adalah palsu.
 4Alarm
 Ada 
 5Pencari Hp
 Ada 
 6Tidak ada
Bluetooth shutter
Ini kelebihannya yang kw
 7 Layar AMOLED
LCD biasa
Sensor sentuh yang kw tidak pada layar tapi logam dibawah layar plastik.
 8Battery tahan 2 mingguan
2 sampai 3 hari
Tergantung pemakaian sensor
 9Tahan air hingga 50 meter
Tidak tahan air
Yang Kw body dan layar mudah di buka dengan tangan (ada celah), yang ori sangat solid.
 10Mendukung banyak tema tampilan
Punya beberapa
Mi Band ori bisa ditambahkan tema baru, Kw tidak bisa.

Dari tabel fitur utama diatas, untuk yang kw sangat beragam contohnya sensor gerak langkah / pedometer ada yang memiliki ada yang tidak (hanya hiasan belaka) walaupun pada aplikasinya terkesan lengkap.

Yang jadi pertanyaan saya setelah beberapa kali update Mi Band Ori tidak melengkapi fitur bluetooth shutter untuk pengambilan foto selfi. Oh ya Mi Band 4 yang beredar di China dan India ada fitur NFC nya.

Kemudian yang jadi rasa heran saya pada produk-produk china pada barang-barang kwalitas murah sedemikian niatnya mereka produksi lengkap dengan penyertaan aplikasi nya, luar biasa.

Spesifikasi Xiaomi Mi Band 4 Original

Spesifikasi Mi Band 4

Menurut analisa pribadi saya, jika saja produk Mi Band Kw 2 atau tiruan ini sedikit di modifikasi bisa saja mereka buat tahan air dengan mudah sehingga memiliki nilai lebih lagi pada produk ini.

Dari beberapa produk tiruan yang saya dapatkan, kelemahan terbesar ada pada daya tahan battery dan tidak tahan air. Sementara pada layar luar yang mudah muncul goresan tidak bisa kita bandingkan dengan bahan premium yang akan menjadikannya lebih mahal.

Bulan ini Mi Band 5 akan diluncurkan oleh Xaiomi di China yang memiliki fitur layar yang lebih besar yaitu menadi 1,1 inch serta, mengusung perintah suara (voice assistant) dan dengan harga yang tidak beda jauh dari pendahulunya. Tersedia dua varian dengan NFC dan non NFC.

Di akhir bagian saya sampaikan tidak ada masalah mau pakai yang mana, karena intinya bisa lihat jam dan tanggal. Masing-masing punya ukuran mau pakai asli atau tiruan, mau pakai baju mahal atau baju murah saja karena kalau tidak pakai baju baru jadi masalah ya nggak, kenyamanan adalah milik pribadi semata.

Posting Komentar untuk "Ini Bedanya Mi Band 4 Asli Dan Yang KW"

Berlangganan via Email