Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Isi eRapor Dari Rumah Pakai Ngrok

Kemarin teman-teman guru mau isi erapor terkendala karena laptop kurikulum yang biasanya dijadikan server bermasalah. Hingga sore permasalahan tidak kunjung selesai, walaupun sudah dicoba pindah ke ex server UN.

Hari ini coba install ulang, di laptop saya dan akhirnya siang hari masalah bisa teratasi. Untuk sementara hari ini sebagian guru sudah bisa input data lagi, nah menjelang sore kita uji install ulang lagi pada sebuah PC server ex UNBK dan hasilnya server sekarang bisa dialihkan penuh ke PC server ex UNBK.

Selanjutnya bersama rekan mencoba bagaimana caranya agar para guru juga bisa secara santai mengisi data dari rumah kapanpun. Kebetulan rekan ini punya domain yang baru dibelinya.

Ya berkat googling apapun bisa di usahakan kalau sudah ada niat. Ketemu alternatif termudah yaitu menggunakan aplikasi NGROK.

Langkah Menggunakan NGROK

  • Mendaftar / Sign Up, di laman www.ngrok.com  bagi yang sudah punya email di gmail ada pilihan untuk mendaftar menggunakan akun google kamu.
Daftar Ngrok
  • Login untuk masuk ke dashboard
Dashboard ngrok

  • Download aplikasi ngrok besarnya sekitar 13Mb, ekstrak file ngrok kemudian silahkan di copy ke folder c:/
Letak file ngrok
Letakkan ngrok di C


  • Klik 2x ngrok.exe untuk menjalankan aplikasinya, kemudian masukkan perintah seperti pada gambar berikut berdasarkan token yang sudah di generate pada laman dashboard di menu Geting Started - Setup & Installation.
ngrok token
Ngrok Token

Menjalankan ngrok

  • Jika sudah silahkan jalankan localhost server kamu, biasanya untuk erapor service otomatis sudah berjalan saat selesai diinstal.
  • Selanjutnya masukkan perintah "ngrok http 8154" dimana 8154 adalah port yang digunakan oleh aplikasi erapor, jika kamu menjalankan web server biasa umumnya menggunakan port 80 atau 8080. Akan tampil seperti gambar berikut ini menandakan aplikasi sudah bisa diakses dari internet baik dari PC atau Handphone dengan alamat http://9ef31404ca4d.ngrok.io
Ngrok Running

Dengan aplikasi ini sangatlah mudah jika kita ingin meng onlinekan komputer atau laptop kita dengan cara yang cepat agar apapun server lokal kita dapat di akses dari luar.

Kalau kamu punya nama domain atau sengaja beli nama domain untuk nantinya di redirect ke ngrok seperti yang kami lakukan, pemanggilan aplikasi dapat diubah sesuai nama domain. Apalagi jika menggunakan ngrok versi premium.

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Ngrok

Layanan Free

HTTP/TCP pada random url dan port
1 online ngrok proses
4 tunnel ngrok proses
40 koneksi / menit

Layanan ini ketika aplikasi ngrok dimatikan kemudian di aktifkan lagi maka alamat url akan berubah dan kita perlu merubah kembali alamat re direct pada nama domain kita, oleh karenanya kurang cocok jika dipakai untuk waktu yang lama.

Untuk layanan premium tersedia versi Basic, Pro dan Bisnis.

Post a Comment for "Isi eRapor Dari Rumah Pakai Ngrok"

Berlangganan via Email