Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kamu Harus Tau Microchip

Kenapa harus tau microchip ?

Sebagai masyarakat modern saat ini sudah sepantasnya kamu tahu apa itu microchip supaya tahu ada apa dibalik semua perangkat canggih yang saat ini kamu gunakan.

Untuk membahas sampai pada kata microchip, nobel akan memulai dari komponen kuno yang digunakan pada masa lalu pada perangkat-perangkat canggih pada masanya secara singkat.

Tabung trioda

Sejarah elektronika dimulai ketika diciptakannya tabung hampa dioda dan trioda ini antara tahun 1904 hingga 1911 oleh Sir Ambrose Fleming dan De Forrest. Komponen ini digunakan pada pada perangkat radio dan komputer pertama.
Tabung Vakum
Tabung Vakum

Komponen ini memiliki bentuk fisik yang beragam dari seukuran 2 jari hingga sebesar botol sirup. Selain fisiknya yang besar ia membutuhkan daya listrik yang besar dan mudah pecah jika terjatuh. Oleh karenanya peralatan elektronik jaman itu menjadi besar seperti halnya komputer pertama yang dikatakan menggunakan 18.000 tabung.

Transistor

Perubahan terbesar terjadi ketika tiga orang ahli fisika penerima hadiah Nobel menciptakan komponen transistor pada tahun 1947 mereka adalah John Bardeen, Walter Brattain dan William Shockley di Amerika.
Transistor
Transistor

Revolusi besar terjadi dengan adanya transistor bagi dunia elektronik adalah terciptanya perangkat yang jauh lebih efisien dari segi ukuran, kemampuan dan penggunaan daya yang jauh lebih rendah dari tabung. Ukuran pada umumnya hanya sebesar beberapa milli hingga 1cm dan terbuat dari bahan semi konduktor.

IC (Integrated Circuit)

IC diciptakan pada tahun 1958 oleh seorang insiyur bernama Jack Kilby yang bekerja di perusahaan Texas Instrument, namun sebelumnya konsep ini sudah dimulai sejak tahun 1949 oleh Werner Jacobi insinyur dari Jerman.

Berbahan silikon semikonduktor IC yang didalamnya berisi chip berupa kepingan silikon berukuran milimeter telah menyatukan atau mengintegrasi ratusan hingga ribuan trasnsistor bersama komponen pendukung didalamnya.

Intergrated Circuit
IC Intergrated Circuit


Sejak saat itu perkembangan kepadatan transistor dalam sebuah keping chip IC berlipat lipat setiap tahunnya, dimana transistor yang terkandung didalamnya mencapai berjuta-juta jumlahnya dengan konsumsi daya yang rendah.

Revolusi inilah yang mengakibatkan perangkat elektronika menjadi sangat pesat, dengan ukuran semakin kecil, semakin canggih hingga memungkinkan adanya super komputer berukuran mini. Sebagai gambaran sebuah microchip prosesor komputer intel core i7 memiliki sekitar 2 milyar transistor.

Jadi IC inilah cikal bakal penyebutan istilah microchip dimasa kini, dimana microchip adalah kepingan silikon berukuran milimeter didalam sebuah komponen IC yang memiliki puluhan sampai ratusan kaki untuk di patri pada sebuah papan rangkaian perangkat.

silicone chip
Silicone Chip



Inside Iphone
Inside Iphone


Kamu bisa lihat gambar diatas sebuah keping chip pada jari dan komponen IC yang terangkai didalam sebuah handphone.

Dengan teknologi microchiplah semua kecanggihan yang kamu lihat saat ini dimungkinkan, terpasang pada mainan, alat kesehatan, mobil, pesawat bahkan kini sudah bisa ditanamkan pada tubuh hewan sebagai identifikasi dan pada manusia sebagai pendeteksi penyakit.

Setelah kamu membaca artikel singkat ini saya yakin kamu sudah selangkah lebih maju, jangan sampai cuma bisa main medsos tapi tahu apa dibalik semua itu yang memungkinkan terjadi.

So jangan lupa subscribe / berlangganan  via email untuk info-info pendek menarik lainnya dari laman nobel.web.id ini ya.

Post a Comment for "Kamu Harus Tau Microchip"

Berlangganan via Email