Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal RTL SDR

Apa sih RTL-SDR ?

RTL-SDR adalah perangkat keras elektronik berbentuk dongle USB yang memiliki komponen utama berupa microchip  buatan Realtek Semiconductor Corp, Taiwan. SDR sendiri memiliki kepanjangan Software Defined Radio.

Berbeda dengan perangkat radio telekomunikasi pada umumnya yang memiliki sebuah fungsi saja, SDR memiliki fleksibilitas yang tinggi. Dimana sebuah dongle SDR dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan dalam bidang telekomunikasi radio berkat perpaduan antara perangkat keras dan perangkat lunak (software).

Jadi bisa saya simpulkan perangkat keras ini bekerja berdasarkan kontrol dari sebuah perangkat lunak sehingga peruntukannya sangat tergantung juga dari perangkat lunaknya.

RTL-SDR
RTL SDR

Apa saja yang dapat digunakan dengan perangkat ini ?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perangkat ini sangat fleksibel bergantung dari perangkat lunak yang mengontrolnya. Umumnya perangkat ini akan ditancapkan pada port USB sebuah PC/Komputer, atau SBC Single Board Computer semisal Raspberry Pi dan sejenisnya, bahkan dapat menggunakan Handphone Android dengan tambahan konektor OTG.

Kemudian sitem operasi Windows, Android, atau Linux menjalankan aplikasi seperti radio tuner atau TV tuner akan dapat melakukan penerimaan siaran Radio maupun TV broadcast.

Sebuah RTL-SDR sangat banyak digunakan oleh praktisi hobby elektronika, telekomunikasi, proyek mahasiswa hingga perusahaan besar.

SDR juga sudah banyak disematkan kedalam satu kesatuan perangkat dengan fungsi tertentu semisal ADSB (Automatic Dependent Surveillance Broadcast) sebuah pemantauan penerbangan atau micro radar.

Berikut beberapa contoh proyek atau peruntukkan alat ini yang bisa digali dari internet:

IMSI Catcher
Alat yang dapat melakukan scan nomer IMSI handphone disekitar

RTL-SDR Scanner
Alat scan frekwensi, mengingat perangkat ini memiliki jangkah frekwensi yang sangat lebar.

ADSB
Alat tracking posisi  pesawat dan memetakannya kedalam map, untuk Windows, Linux dan Android.

NOAA Apt
Weather sattellite image decoder, alat yang melakukan decode sinyal satelit cuaca menjadi tampilan pada layar, untuk Windows, Linux dan OS-X.

Frequensea
Visualisasi spektrum frekwensi.

STRATUX
Penerima informasi cuaca dan lalulintas navigasi bagi pesawat.

Dan masih banyak lagi fungsi-fungsi lainnya yang berkaitan dengan penggunaan frekwensi radio, kamu bisa mendengarkan radio gelombang pendek (SW), AM, FM, Airband (komunikasi yang digunakan pesawat terbang), komunikasi radio amatir, perusahaan, militer, televisi dan lain sebagainya.


rtlsdr


Harga RTL-SDR

RTL-SDR dapat dibeli di toko online dengan harga dibawah 200 ribuan untuk yang casing berwarna biru, sedangkan yang produksi dari rtlsdr.com casing almunium dijual pada situs AliExpress US$24,95.
Produksi rtlsdr.com dijual di toko online lokal kisaran dengan harga 800 ribuan dengan memiliki fitur bias-t, TCXO dan lebar frekwensi yang lebih baik dari yang casing plastik biru.

Namun demikian, hasil uji coba yang sudah pernah saya buat dalam proyek hobby, RTL-SDR yang plastik biru sudah sangat memuaskan dan cukup sensitif.


RTL-SDR dari rtlsdr.com versus RTL-SDR plastik biru.

  1. RTL-SDR buatan dari rtlsdr.com memiliki kemampuan bias-t yaitu dapat mengalirkan tegangan pada konektor antena sehingga bisa menggunakan jenis antena aktif, dimana antena aktif ada yang memiliki komponen penguat ataupun komponen GPS.
  2. Menggunakan TCXO (Tempearture Compensated X-tal Oscillator) yaitu kristal pembangkit frekwensi yang lebih stabil terhadap suhu panas.
  3. Frekwensi kerja lebih lebar yaitu 24 Mhz - 1,7 Ghz
  4. RTL-SDR buatan rtlsdr.com memiliki mekanisme pendingin melalui body casing yang terbuat dari almunium, dimana chip bagian dalam dilapisi thermal pad yang bersentuhan dengan casing bagian luar, untuk yang plastik biru kita bisa memodifikasi sendiri menggunakan pendingin almunium dari motherboard PC bekas.
Heat Sink Mod
My Heat Sink Mod

Gambar diatas adalah RTL-SDR yang saya tambahkan pendingin dari almunium dari motherboard bekas, selain itu saya lakukan modifikasi tambahan berupa konektor tambahan agar kompatibel dengan konektor antena radar yang saya punya.

Pada saat operasional kedua chip RTL-SDR sangat panas, sehingga saya rasa perlu pendingin extra agar komponen lebih awet dan stabil.

Saran saya kalau beli yang plastik biru, pastikan dongle yang kamu cari adalah menggunakan microchip RTL 2832U dengan IC Tuner Rafael R820T2 karena masih ada yang menggunakan tuner yang versi lama jenis E4000 dengan kemampuan yang jauh berbeda.


Berikut saya tampilkan bagain dalam sebuah RTL-SDR plastic biru dengan dua versi chip tuner yang berbeda, begitu juga dengan crystal oscillator (X-Tal) nya.

Kebetulan saya punya dua dan pada pembelian yang kedua saya mendapatkan versi crystal yang TCXO.

Inside RTLSDR
RTL-SDR Board

R820T vs  E4000
Kiri Tuner Rafael, Kanan E4000

Crystal
Kiri Crystal (X-Tal) biasa, Kanan TCXO

Demikian info seputar RTL-SDR yang bisa saya sajikan dengan sederhana dan mudahan bisa dipahami serta membuat kamu bisa tertarik pada perangkat keras mungil ini.

Pada postingan lain akan kita bahas penggunaan perangkat ini pada handphone maupun komputer sebagai sebuah kegiatan menarik dikala liburan bye-bye...

Post a Comment for "Mengenal RTL SDR "

Berlangganan via Email