Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Batuk Kering Herbal Dari Daun Sirih

Daun Sirih
Daun Sirih


Ini adalah murni cerita pengalaman pribadi yang akan saya bagikan. Siapa tau ada manfaatnya bagi yang mengalaminya.

Batuk kering walaupun nyatanya tidak berdahak tetap saja tidak nyaman.

Saya masih ingat kejadian awal dulu dimulai saat kondisi badan lelah karena banyak kegiatan dan kurang istirahat. Sekitar semingguan dalam keadaan seperti mungkin menyebabkan stamina secara global drop.

Ditambah adanya perubahan cuaca dari musim panas ke musim penghujan akhirnya saya kena flu beberapa hari.

Menjelang flunya sudah membaik malah mulai terkena batuk.

Batuk tiga bulan
Begitulah selalu berulang setahun sekali sejak saat itu. Dimulai dari flu yang menyerang saat stamina tubuh saya drop.

Pernah suatu ketika saya periksakan dan dilakukan foto rontgen hasil diagnosa adalah bronchitis kronis. Namun sering saya konsumsi macam-macam obat tapi hasilnya berkurang sementara, tapi akhirnya kambuh lagi.

Batuk kering seperti ini akan selalu mereda ketika sudah mencapai sekitar 3 bulanan. Dari hasil cari informasi saya dapat batuk jenis ini sering disebut dengan istilah batuk rejan atau batuk 100 hari.

Obat batuk tradisional Dari Daun Sirih

Pada suatu malam karena tidak bisa tidur akibat batuk yang menyiksa, saya coba cari informasi obat alternatif, karena sudah berbagai obat saya coba hasilnya nihil.

Saya menemukan 2 ramuan yang dianjurkan oleh dr Hembing pakar herbal yang pernah mengisi acara di TV itu. Dari 2 ramuan saya pilih yang paling mudah saya coba.

Ramuannya menggunakan daun sirih dan bawang putih saja.
Bawang Putih
Bawang putih

Adapun caranya pengolahannya sangat mudah, siapkan sekitar 9 helai daun sirih segar dan 2 siung bawang putih (2 siung ya bukan 2 bonggol).

Rebus kedua bahan ini kedalam 1 liter air bersih menggunakan panci hingga air tinggal kira-kira setengahnya. Air ramuan dapat diminum saat hangat atau dingin.

Syaratnya adalah kamu harus minum ramuan ini setiap saat haus. 3 hari hingga 1 minggu seharusnya ada perubahan membaik.

Sejak saat itu setiap ada gejala batuk, saya selalu buat ramuan ini. Jadi biasanya istri saya udah hafal pasti dia bikinkan ramuan ini untuk bisa diminum hari-hari.

Ramuan yang sudah direbus bisa kita ulangi rebus kembali dengan menambahkan beberapa daun sirih segar. Jika ada daun sirih merah kamu juga bisa menggunakannya.

Lantas bagaimana hasilnya, tentu saja bagus untuk saya bahkan beberapa tahun tidak kambuh lagi. Kalau kamu termasuk orang yang mengalami batuk ini, silahkan mencobanya sebagai alternatif murah.

Jika dalam satu minggu tidak ada perubahan kamu bisa hentikan. Pernah suatu waktu saya kombinasikan dengan obat dari dokter juga dapat mempercepat penyembuhan.

Seperti yang saya katakan syaratnya kamu harus minum ramuan ini manakala haus, dari segi rasa ramuan ini sepat dan beraroma kurang menyenangkan jika tidak biasa dengan jamu.

Kalau kamu ingin cepat sembuh tanamkan pada diri secara psikologis bahwa rasa yang kurang enak pada ramuan adalah menyehatkan, justru yang terasa enak dimulut bisa jadi malah merugikan untuk tubuh.

Selain dapat meredakan batuk, ramuan ini ternyata juga membuat badan menjadi segar dan vitalitas terasa meningkat.

Khasiat Daun Sirih dan Bawang Putih

Untuk menambah keyakinan kamu berikut saya ambilkan dari beberapa sumber, khasiat dari kedua bahan yang kita pakai sebagai ramuan ini.

1. Daun Sirih

  • Menurunkan gula darah pada pasien diabetes tipe 2
  • Menurunkan kolesterol dan tekanan darah
  • Penangkal kanker
  • Mempercepat penyembuhan luka bakar
  • Membantu menurunkan depresi
  • Menjaga kesehatan mulut dan gigi
  • Baik untuk saluran pencernaan
  • Meningkatkan vitalitas
  • Mengobati mimisan
  • Obat radang prostat

2. Bawang Putih

  • Mencegah dan mengobati flu
  • Mengatasi peradangan kronis
  • Pemurni darah alami
  • Mencegah kanker paru
  • Mengatur gula darah
  • Mempertahankan kualitas tulang
Dan masih banyak sekali zat-zat bermanfaat dari kedua bahan ramuan diatas, kalau kamu punya keluhan seperti saya dan bertanya apa benar demikian maka saya pastikan saya menulis artikel ini merupakan salah satu pengalaman yang saya alami sendiri.

Tentunya dibarengi dengan doa supaya lebih mantap. O ya ada yang saya agak bingung beberapa hal yang saya ingat jumlah daun yang saya gunakan biasanya ganjil yaitu 5, 7, 9 dan seterusnya.

Salam sehat.

Posting Komentar untuk "Obat Batuk Kering Herbal Dari Daun Sirih"

Berlangganan via Email