Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Punya Radar Pesawat Di Rumah

Radar Mobile
Radar Mobile

Radar (Radio Detection And Ranging) atau diartikan bebas adalah sebagai pendeteksi dan pen jarakkan dengan gelombang radio.

Ketika mendengar istilah radar, umumnya orang akan berfikir tentang radar pesawat di bandara atau radar kapal laut. Ya kurang lebih semua radar hampir sama, fungsi utamanya adalah untuk mengetahui posisi keberadaan sesuatu yang sedang diawasi pada koordinat sebuah peta.

Berbeda dengan jaman dulu saat ini dengan kemajuan teknologi sebuah radar bisa memiliki bentuk yang kecil dengan fungsi yang sangat baik dalam mengetahui sebuah posisi atau koordinat.

Sebagai contoh umum, handphone saat ini telah dilengkapi modul GPS (Global Positioning Satellite) sehingga dapat diketahui posisi saat ini diatas peta dengan akurasi yang tinggi. Dengan bantuan satelit-satelit GPS yang bertebaran membuat semua ini dapat direalisasikan.

Perbedaan radar konvensional dan radar saat ini.

Sebelum adanya teknologi GPS radar bekerja layaknya kelelawar, dimana antena sebagai sumber yang memancarkan gelombang radio akan menerima pantulannya kembali sebagai informasi.

Di jaman GPS saat ini pesawatlah yang menentukan posisi atau koordinatnya  bahkan juga berisi data lain seperti kecepatan, ketinggian dan lainnya kemudian dipancarkan ke daratan pada frekwensi 1090 Mhz. Dengan cara ini posisi pesawat dapat diketahui lebih akurat dibandingkan dengan radar konvensional.

Maka dari itu bandara pun mulai menggunakan teknologi ini untuk menambah akurasi penjejakan lalulintas.

ADSB (Automatic Dependent Surveillance Station Broadcast)

Dikenal dengan nama ADSB, sebuah perangkat yang terdiri dari sebuah komputer kecil dan penerima radio beserta antena yang menerima pancaran informasi dari pesawat. Cara kerja ADSB dimana antena biasanya terpasang di luar bangunan pada ketinggian yang cukup menangkap informasi yang dipancarkan dari pesawat kemudian dikalkulasikan pada aplikasi radar di komputer dan menayangkan posisinya sesuai koordinat di peta.

Pesawat sendiri mendapatkan posisi berdasarkan GPS pada dirinya melalui bantuan satelit-satelit GPS diangkasa sama seperti cara kerja GPS pada handphone kita.

ADSB Diagram
ADSB Diagram



Perangkat ADSB Gratis Berharga Jutaan Rupiah

Beneran nih kita bisa dapat perangkat radar pesawat gratis ? jawaban saya ya 100% gratis. Kamu bisa buat radar sendiri kalau mau, tapi kalau tidak mau ribet bisa pesan beli ke salah satu penyedia radar ini atau minta gratis.

Kalau dihitung uang perangkat komplit ADSB kira-kira harganya 8 juta rupiah keatas tergantung spesifikasinya namun kamu bisa mendapatkannya dengan gratis dengan satu syarat kamu harus mengaktifkannya di rumah atau kantor yang ada koneksi internetnya selama 24 jam penuh, gampang kan...

Melalui program perluasan jangkauan radar dari penyedia perangkat ini kamu bisa mengajukan diri untuk memasang di rumah atau di kantor kamu melalui laman resminya. Jika di kota kamu belum ada atau masih jarang perangkat ini, biasanya mereka cepat sekali menyetujuinya apalagi kalau tempat masangnya dekat dengan bandara.

Berikut penyedia radar yang bisa kamu sambangi untuk mendapatkannya.
  1. Flightaware (flightaware.com)
  2. Flightradar (flightradar24.com)
  3. Airnav Radarbox (radarbox.com)
  4. Plane Finder (planefinder.net)
Silahkan daftarkan diri dan mengisi data-data yang diperlukan, biasanya yang diminta adalah foto 4 arah dari rencana antena akan dipasang dan foto bakal antena dipasang. Sebisa mungkin posisi antena tidak terhalangi gedung disekeliingnya sehingga mengurangi jarak penerimaan sinyal.

Dengan posisi antena di lantai 2 biasanya alat ini mampu menerima sinyal pesawat sejauh 300 hingga 500 km. Konsumsi daya dan internet juga tidak banyak pada traffic pesawat yang ramai penggunaan data internet dalam sebulan kurang lebih 2Gb.

Apa untungnya punya radar pesawat ADSB

Jika kamu bukan orang yang suka teknologi atau hobby dengan hal-hal dunia telekomunikasi mungkin kurang tertarik ya, berikut keuntungan yang bisa didapat dengan program kerjasama ini.
  1. Utamanya ikut memberikan kontribusi pada dunia penerbangan dalam pemberian tangkapan data sehingga akurasi semakin baik.
  2. Mendapatkan akun bisnis seharga ratusan dollar dengan segala fiturnya pada laman penyedia dan aplikasi Radar Android milik penyedia.
  3. Mendapat kesukaan ketika pesawat yang nampak lalu-lalang di aplikasi adalah berdasarkan tangkapan stasiun milik kita. Tiap stasiun memiliki kode unik.
  4. Rumah jadi keren, kalau ada teman kerumah kamu bisa pamer ini loh radar pesawat yang ada dirumahku ha ha ha ...
Kenapa mereka mau kasih gratis, jelas karena mereka juga punya keterbatasan untuk memperluas jaringan ADSB. Merekapun membutuhkan data ini untuk aplikasi yang mereka tawarkan kepada pengguna Android, Bandara, Travel dan yang lainnya.

Apakah ADSB Legal, ya karena perangkat ini bersifat hanya menerima sinyal dan tidak ada transmisi gelombang radio. Alat ini hanya mendapatkan sinyal dari pesawat komersial, untuk pesawat seperti jet pribadi biasanya informasi yang didapat terbatas apalagi pesawat militer.

Radarbox24
Airnav Radarbox ADSB


Flightaware
Flightaware ADSB


Gambar diatas adalah perangkat ADSB yang saya datangkan dari Radarbox dan Flightaware yang dikirimkan melalui expedisi DHL. Pengiriman kurang dari 2 minggu sejak disetujui, selain perangkat kamu juga akan diberikan souvenir berupa kaos, gantungan kunci dan stiker sebagai souvenir.

Sebelum tiba biasanya di kota terakhir barang ini akan diperiksa di beacukai/custom, kamu harus membuktikan dengan email dan percakapan di email bahwa kamu mendapatkan barang ini tanpa membeli, sebenarnya pajak telah di bayarkan oleh pihak pengirim.

Nah kalau sudah tertarik lebih seru lagi kalau kamu punya radio telekomunikasi sejenis Yaesu VX 3R atau VX 6R seperti punya saya, dengan ini sekaligus kamu bisa mendengar percakapan antara pilot pesawat dengan pihak ATC (Air Traffic Control), dan terkadang mendengar percakapan isengnya.

Sebenarnya selain radar pesawat kamu juga bisa memiliki radar kapal laut, perangkat yang digunakan juga hampir sama yang sering disebut dengan AIS Receiver, kalau kamu tertarik dengan yang satu ini, bisa sambangi marinetraffic.com

Post a Comment for "Punya Radar Pesawat Di Rumah"

Berlangganan via Email