Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semua Tentang Yoyo


My Freebird
My Freebird
Sepertinya kalau bicara soal yoyo semua orang tau ya, saya salah seorang penggemar yoyo yang kemudian sempat bergabung di komunitas BOS (Bali Own Spinner). Dulu waktu masih kecil sering main yoyo kayu yang saya beli di penjual mainan anak-anak di sekolah.

Berselang sekian tahun ketularan dari keponakan yang punya banyak yoyo dan jago main yoyo kontes. Dari sinilah akhirnya saya bermain yoyo lagi, tapi kali ini yoyo nya sangat berbeda dari bahan dan tehnik memainkannya.

Nggak membahas soal sejarahnya yang jelas mainan ini sudah populer sejak tahun 1930 an, tapi saya ingin bercerita beberapa jenis yoyo dan kategori yang sering di konteskan di tingkat nasional maupun internasional.

Yoyo pertama yang saya dapatkan dari keponakan adalah Avalanche buatan Auldey, kemudian saya beli bekas Meteor dari Yoyo Jam dengan signature Hiroyuki Suzuki yang saya bayar seharga 500 ribu. Kemudian Freebird dari Duncan yang ada di foto atas itu kira2 seharga $80 an. Dan beberapa yoyo auldey lainnya.

Hal yang menarik dari yoyo jenis ini, setiap yoyo memiliki desain dan nama yang unik dan diproduksi secara presisi oleh beberapa produsen terkenal. Harga satu buah yoyo mulai ratusan hingga jutaan rupiah, dan ada pula disediakan berbagai macam aksesoris serta spare part.


My Yoyo
Koleksi Yoyo ku

Beda Yoyo Biasa dengan Yoyo Kontes

Yang membedakan yoyo biasa dengan yoyo kontes secara signifikan dari segi bahan dan cara memainkannya. Yoyo kontes biasanya dibuat dengan bahan plastik berkualitas atau alumunium berkualitas yang dibuat presisi agar tidak wobble (bergetar), bagian sumbu tengah menggunakan bearing atau laher dari besi, stainless atau keramik.

Kalau kamu sudah pernah bermain yoyo untuk pemula semisal merk auldey ada yang kisaran harga 100 ribuan, maka ketika mencoba yoyo yang mahal akan terasa perbedaannya, seperti putaran yoyo yang lebih smooth dan stabil serta tentunya menjadi lebih mudah dalam menerapkan trik-trik yoyo.

Seperti pengalaman ketika saya awal menggunakan tipe blazing teen 2 dancing butterfly, ketika punya meteor dari yoyojam wuih smooth dan lebih mudah melakukan trik-trik.
Yoyojam Meteor
Meteor by Yoyojam


Yoyo kontes dapat dibuka menjadi dua pada bagian sumbu untuk melakukan penggantian jenis bearing atau sumbunya.

Saat pertama kali mencoba, yoyo ini tidak mudah balik ke tangan setelah dilempar layaknya yoyo biasa karena bersifat unresponsive, membutuhkan tehnik khusus agar yoyo bisa kembali ke tangan. Sayapun butuh beberapa hari belajar untuk bisa memgembalikan yoyo ke tangan dan tehnik untuk menggulung talinya.

Untuk tehnik permainannya sendiri memiliki banyak sekali trik dengan nama dan ada pula trik yang menjadi gerakan original pemainnya. Dalam kontes biasanya trik dilakukan diatas panggung selama 3 menit dan diiringi musik. Tingkat kesulitan trik, keberhasilan dan keserasian musik menjadi penilaian pemain.

5 Divisi Permainan Yoyo

1. Yoyo tunggal (1A)

Sebuah yoyo dimainkan dengan berbagai trik, baik yang terbuat dari palstik maupun logam.

2. Yoyo loop (2A)

Umumnya saat kontes dimainkan 2 buah yoyo plastik yang mirip yoyo biasa, responsive dengan tehnik looping. Jenis ini biasanya ada yang menyala.

2. Dobel yoyo (3A)

Menggunakan 2 buah yoyo pada divisi 1A.

3. Offstring (4A)

Bentuknya sedikit lebih besar dari yoyo 1A, dan gap lebih lebar. Pada saat dimainkan ujung tali yoyo tidak terikat pada yoyo seperti lainnya, jadi trik yang dimainkan terkadang menerbangkan yoyo lepas dari talinya dan dapat ditangkap lagi dengan talinya. Umumnya bagian cakram terluarterbuat dari karet, agar ketika jatuh mengurangi rusaknya yoyo.

4. Freehand (5A)

Menggunakan yoyo 1A namun tali tidak diikatkan pada jari melainkan hanya digenggam dan biasanya diikatkan dengan aksesoris seperti dadu. Trik yang dilakukan memainkan yoyo dan tali yang terlepas tersebut.



Offstring yoyo
Offstring yoyo
Kini saya sudah jarang main yoyo, koleksi tersisa 7 buah untuk kenang-kengan. Sekali waktu dimainkan untuk bisa menginspirasi generasi berikutnya agar muncul pemain yoyo yang baru. Dari semua divisi saya paling suka yang 5A, tapi saya cuma bisa mainkan yang 1A.

Untuk melihat tayangan video masing-masing divisi dimainkan secara memukau, kamu bisa melihatnya di laman youtube, cari video saya sampai dapat hihihi.

Selain mendapatkan hobby dan prestasi yang menarik, bermain yoyo juga dipercaya melatih kemampuan otak berkonsentrasi dan pengambilan keputusan. Buat kamu yang belum punya hobby boleh melirik hobby ini sebagai pilihan. Salam Yoyo buat para spinner tanah air.

Posting Komentar untuk "Semua Tentang Yoyo"

Berlangganan via Email