Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Serba CMS (Content Management System)


Mengenal CMS di tahun 2008, waktu itu saya diminta untuk buat website sekolah. Saya bilang bisa pak, padahal pengetahuan dibidang ini saya cuma sebatas pernah bikin laman web secara offline itupun dengan aplikasi html yang saya sudah lupa namanya, selain itu dulu seingat saya pada aplikasi Microsoft Office ada juga aplikasinya.

Saat saya bekerja di sebuah perusahaan komputer yang membidangi penjualan komputer, aplikasi dan web design di tahun 2000 kebetulan sering lihat teman yang berprofesi sebagai web master bikin website.

Pada waktu itu kelihatannya rumit, untuk bikin halaman web saya lihat berapa kali dia rubah tampilannya, seingat saya masing-masing halaman didesain sendiri sendiri, bahasanya ASP dan HTML.

Dalam 2 bualan saya riset di internet dan menemukan aplikasi local server dan CMS, kedua aplikasi ini dibutuhkan dalam pembuatan website berbasis pemprograman PHP, berbeda dengan HTML yang lamannya dapat dilihat langsung dengan browser.

Dalam dua bulan saya mencoba berbagai CMS dari opensourcecms.com, diantaranya Joomla, Drupal, Wordpress, PHPBB dan masih banyak lagi. Masing-masing memberikan pengalaman yang berbeda dan akhirnya saya sering berkutat dengan CMS Joomla.

Jadi apa itu CMS, bisa saya gambarkan sebagai aplikasi berbasis web yang menggunakan bahasa pemprograman PHP, Javascript dan HTML dimana datanya tersimpan pada database MySQL. Oleh karenanya menjalankan pada komputer pribadi dibutuhkan web lokal server seperti XAMPP, AMPPS, Uni Server dan lain-lain.

CMS memiliki dua sisi akses

CMS memiliki dua sisi, sisi tampilan untuk dilihat oleh user atau pengguna (front end) dan sisi pengelola atau admin (back end). Sangat mudah digunakan oleh pengguna yang bukan perancang web, hingga website yang dulunya dibangun dalam hitungan bulan dapat di buat dalam hitungan jam.

Sejak saat itu perkembangannya sangat pesat hingga saat ini, CMS sangat memudahkan kita untuk mengelola aplikasi berbasis web dan fungsinyapun beragam. Mulai dari website, aplikasi dagang atau POS, database karyawan, elearning, online shop, dan masih banyak lagi bahkan kini muncul aplikasi yang bisa dikatakan CMS juga yang disebut dengan framework contohnya Code Igniter (CI) dan Laravel.

Penting untuk menguasai CMS

Saya katakan penting untuk mempelajari karena setiap orang dan kalangan dapat mempelajarinya dalam waktu singkat dengan mudah tanpa harus belajar coding.

Digunakan di era digital bagi perorangan maupun korporasi sebagai media promosi atupun database yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.

Mudah dikustomisasi sesuai keinginan, baik dari segi tampilan maupun sajian data melaui template dan plugin yang tersedia sangat banyak serta tidak sedikit disedikan secara gratis.

Post a Comment for "Serba CMS (Content Management System)"

Berlangganan via Email