Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Android Yang Harus Kamu Ketahui

Android
Android


Android yang saya kenal dulu adalah berupa robot.

Tapi android yang akan saya bahas disini adalah sebuah sistem operasi berbasis linux yang ditanam pada berbagai jenis perangkat keras sebagai pengendalinya.

Sistem operasi Android yang berjalan di handphone kamu fungsinya sama dengan sistem operasi Windows pada komputer, yaitu mengendalikan semua perangkat keras handphone melalui aplikasi yang ada agar dapat berinteraksi dengan pemakainya.

Contohnya mudahnya gini, ketika kamu membutuhkan aplikasi pemutar video terpasang di handphone android kamu, maka kamu akan mendownloadnya terlebih dahulu melalui aplikasi playstore. Nah disini saja fungsi sitem operasi sudah kamu gunakan, yaitu mengendalikan aplikasi dan perangkat keras WiFi atau radio 4G untuk bekerja.

Ketika aplikasi pemutar video sudah terpasang dan kamu gunakan, maka aplikasi pemutar video bersama sistem operasi akan bekerja sama mengendalikan file video dan mengendalikan speaker yang ada untuk audionya.

Begitu kira-kira penjelasan saya, mudahan bisa dipahami. Karena di laman saya ini penyampaian berbagai hal sebisa mungkin dijelaskan tanpa bahasa teknis yang terlalu rumit.

Selanjutnya sekelumit sejarah android yang kamu pakai saya sajikan singkat dibawah ini.

Sejarah singkat sistem operasi android

Awalnya pada tahun 2003 android didirikan oleh Andy rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White di Palo Alto, California, Amerika Serikat, sebagai sebuah perusahaan bernama Android Inc.

Software android yang sedianya fokus pada penggunaan kamera digital saat itu yang memungkinkan kamera digital dapat melakukan penyimpanan hasil foto ke cloud storage atau penyimpanan online.

Pada tahun 2005 android yang awalnya ingin menggandeng google sebagai mitra karena nama besarnya namun berakhir dengan kesepakatan dibelinya android inc seharga USD 50 juta oleh raksasa google.

Sejak saat itu android menjadi sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh google untuk penggunaan perangkat-perangkat mobile seperti tablet, hanphone, smart TV dan lain sebagainya.

Kalau kamu tertarik dengan sosok Andy Rubin pemimpin proyek android di google yang suka oprek oprek robotik kamu bisa cari dengan search engine google ya. Kabarnya sejak tahun 2013 walaupun masih di google dia mundur dari kepemimpinannya dan kembali fokus dengan proyek-proyek robotnya.

Android Menguasai Pasar

Pada awalnya perangkat mobile seperti handphone, tablet dan PDA (Pocket Digital Assistant) di kuasai dengan sistem operasi symbian dan windows mobile.

Namun dimulai dari tahun 2008 dengan kemunculan android yang lebih terbuka (open source) akhirnya mampu menggeser tenggelam keberadaan symbian dan windows mobile.

Perangkat Nokia yang sempat menguasai pasar handphone, kemudian dibeli oleh microsoft dan mulai disematkan dengan windows mobile tidak dapat lagi bersaing dengan pemain baru yang menngunakan android sebagai platformnya.

Beberapa brand baru yang hanya dipandang sebelah mata diawal sebut saja advance, oppo serta beberapa brand keluaran china lainnya mengadopsi sistem operasi ini akhirnya perlahan bisa merangsek pasar dan meraih hati para penggunanya

Bahkan terakhir blackberry yang sempat bertahan dengan adanya aplikasi BBM (Blackberry Messenger) akhirnya tersingkir juga dengan kekuatan android. Kini menyisakan iOS dari apple yang memiliki segment berbeda sebagai pesaingnya di dunia handphone.

Saat ini android mencapai versi ke 10, akankah ada pesaing sistem operasi baru di masa mendatang yang akan bersaing atau bahkan menggeser android, kita tunggu saja.

Saat ini negara china sudah memulai menyematkan sistem operasi buatannya pada perangkat Huawei dengan nama HongmengOS atau Harmony.

Posting Komentar untuk "Tentang Android Yang Harus Kamu Ketahui"

Berlangganan via Email