Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Web Hosting Gratis

Web Hosting

Saya tidak akan menjelaskan secara rinci apa yang menjadi topik judul diatas, berdasarkan pengalaman mencari informasi sebagai pemula yang saya butuhkan tidaklah banyak.

Masih segar dalam ingatan saat pertama kali saya ingin mencicipi hosting gratisan yang ada dalam benak adalah langsung mendaftar ke salah satu penyedia yang direkomendasikan dari informasi di internet.

Hal ini mungkin banyak dilakukan oleh para pemula seperti saya dulu, karena keterbatasan informasi, finansial dan yang lainnya.

Dari penyedia-penyedia layanan  web hosting gratis berikut jika kamu ingin mencoba silahkan langsung mendaftarkan diri atau sign up di url/alamat mereka. Tapi jangan terburu-buru, simak dulu sampai tulisan saya diakhir yang merupakan pengalaman saya yang mungkin saja bisa jadi bahan pertimbangan.

Penyedia Web Hosting Gratis

  1. Infinityfree (infinityfree.net)
  2. AwardSpace (awardspace.com)
  3. Freehostia (freehostia.com)
  4. 000webhost (000webhost.com)
  5. x10hosting (x10hosting.com)
  6. Byet Host (byet.host)
  7. Hostinger (sangat murah tidak sepenuhnya gratis, hostinger.com/hostinger.co.id)
  8. Weebly (weebly.com)
  9. Bitrix24 (bitrix24.com)
Seperti yang saya sampaikan diatas, saya tidak akan melakukan perbandingan diantara mereka karena sudah banyak yang membahasnya.

Informasi ini lebih saya tujukan pada para pemula yang mungkin ingin mencoba web hosting gratis dengan tanpa harus banyak baca masalah teknis yang mendetail seperti uptime, hardware pendukung dan semacamnya.

Siapa yang cocok pakai web hosting gratis ?

Dari apa yang saya dapatkan saat mencoba web hosting gratis kamu bisa menentukan tetap mau pakai atau beralih dengan alternatif yang lain.

Baik, saya ceritakan dua yang teratas saja yaitu Infinityfree dan Awardspace yang hingga kini saya masih punya akunnya. Jika kamu menginginkan web hosting gratis komplit dengan domain gratis bisa coba kedua penyedia ini.

Infinityfree

1. Mendapatkan 3 domain TLD, unlimit subdomain.
2. Mendapatkan 1 FTP User
3. Unlimit parkdomain, addon domain, mysql database, bandwidth, disk quota
4. Database mysql atau postgree

Awardspace

1. Mendapatkan 1 domain TLD, 3 subdomain
2. Mendapatkan 1 FTP User
3. Disk quota 1Gb, 5Gb Traffic
4. Database mysql atau postgree

Di infinityfree maupun awardspace kamu bisa dapatkan domain gratis selain hosting gratis sebagai contoh kamu bisa buat nama domain "domainku.rf.gd" sedangkan di awardspace "domainku.dx.am" lumayan pendek ketimbang pakai subdomain.

Dari kedua penyedia web hosting gratis ini saja kamu bisa bandingkan sendiri perbedaannya sangat mencolok, yang satu menawarkan 3 top level domain dengan fitur serba unlimit dan yan satu lagi hanya 1 top level domain dengan batasan disk quota dan traffic.

Seiring berjalannya waktu, barulah saya menemukan keterbatasan-keterbatasan hosting gratisan ini misalnya ketika salah satu aplikasi web yang saya pasang berjenis aplikasi ujian online tidak bisa diakses lagi karena kena pembatasan penggunaan CPU yang tinggi.

Jadi walaupun serba unlimit ternyata ada limit disisi yang lain, begitu juga jika laman yang kita pasang tidak ada pengunjung dalam waktu tertentu maka akan di bekukan juga atau bahkan dihapus. Sedangkan di awardspace pada cpanel saya baca akun tidak akan expire selamanya, walaupun memiliki beberapa keterbatasan.
infinityfree

Menjawab pertanyaan diatas bisa saya sampaikan web hosting gratis hanya cocok untuk yang berjenis web profil, web ppdb, blog pribadi atau sejenisnya yang tidak terlalu banyak dalam penggunaan beban traffic dan hardware.

Awardspace

Bisa juga digunakan sebagai sarana belajar tentang pengetahuan  pengelolaan cpanel, web, database dan pemprograman website.

Jadi web hosting gratis bukan berarti kamu akan mendapatkan sebuah hosting yang dapat kamu andalkan untuk penggunaan profesional ataupun hal-hal tertentu yang dalam angan-angan awal kamu rencanakan, namun demikian beawal dari ujicoba ini jika kamu rasa cocok kamu bisa upgrade akunmu menjadi premium dengan fitur yang lebih handal.

Post a Comment for "Web Hosting Gratis"

Berlangganan via Email