Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Windows 10 LTSC Gesit Untuk Gamer

Windows 10 LTSC
Windows 10 LTSC Schema

Seperti biasa saya tidak akan membahas hal-hal berkaitan masalah teknis secara mendalam, jadi hanya bagian pokok yang menurut saya bisa dipahami bagi pembaca secara umum.

Sistem operasi windows LTSC (Long Term Service Cahnnel) merupakan pembaharuan dari seri LTSB (Long Term Service Branch). Merupakan sistem operasi windows yang didesain khusus untuk peralatan seperti MRI, Cat Scan, Mesin ATM, Air Traffic Control, dan peralatan kontrol industri lainnya.

Windows LTSC Bukan Untuk Pengguna Umum

Ya, sistem operasi milik Microsoft ini khususnya Windows 10 sebenarnya beredar juga diantara sistem operasi yang lainnya seperti seri home, pro, pro education, education, pro for workstation dan enterprise.

Sistem operasi ini kurang lebih sama dengan Windows pada umumnya ,hanya saja banyak bagian yg tidak dibutuhkan seperti misalnya Cortana, One drive, Ink workspace, 3D, Microsoft store, Microsoft Edge dan beberapa hal lainnya tidak disematkan.

Sistem operasi jenis ini hanya mementingkan kestabilan dan sekuriti. Sehingga updatenya pun berkisar hanya pada sekuriti saja. Dikatakan long term karena microsoft memberikan dukungan hingga 10 tahun sejak di rilisnya versi ini.

Windows Yang Gesit Untuk Gamer

Akibat dari absennya aplikasi-aplikasi yang memang sering tidak digunakan oleh orang umum berdampak dengan kurangnya servis yang berjalan pada system. Ini mengapa Windows 10 LTSC memungkinkan dipasang pada hardware komputer dengan spesifikasi rendah yang hanya memiliki 2 Gb RAM. Dan juga lebih sedikit menghabiskan ruang instalasi.

Otomatis dampak lainnya jika di instal pada spesifikasi hardware komputer yang standar akan lebih ringan dibandingkan dengan jika menggunakan sistem operasi windows versi pro misalnya. Ini sangat baik bagi orang yang hanya mementingkan sistem operasi windows untuk menjalankan game-game kesukaan.

Berikut adalah beberapa keunggulan windows 10 ltsc.
  1. Sudah ada fitur tema gelap pada file explorer
  2. Semua driver laptop saya terdeteksi dengan baik kecuali VGA Nvidia, sebelumnya pake LTSB harus instal 15 driver.
  3. Ringan, cocok untuk PC spesifikasi sekelas dual core dengan RAM hanya 2GB
  4. Semua aplikasi dan game favorit saya berjalan lancar.
  5. Karena Windows LTSC berbasis Enterprise, maka memiliki fitur untuk jaringan (network) berkelas korporasi.
  6. Kalau membutuhkan tambahan aplikasi seperti cortana dan lainnya dapat di instal terpisah.
  7. Bisa mematikan automatic update melalui pengaturan group policy.(ketik gpedit.msc pada menu run).
  8. Ngerasa lebih OK karena gak banyak yang pakai.
Nah saya rasa kamu paham bedanya sekarang, kalau kamu ingin tahu versi windows 10 yang kamu punya caranya buka file explorer kemudian klik kanan pada icon yang bertuliskan "This PC" selanjutnya pilih menu paling bawah yaitu "Properties" maka akan muncul jendela versi windows nya.

Pada sebuah laman forum luar negeri pernah saya baca saat cari-cari informasi tambahan tentang sistem operasi versi LTSC ini, kenapa tidak sekalian pengguna umum disarankan memakainya, jawabannya agak absurd dari pihak microsoft "Karena susah rusak alias tangguh" what???

Mudahan saya temukan lagi pernyataannya supaya bisa saya kutipkan dan update di laman ini.

Kalau kamu tertarik atau suatu waktu merasa sistem operasi windows-mu mulai lemot, sudah saatnya kamu coba versi windows 10 enterprise LTSC ini apalagi kalau kamu suka pasang game-game 3D yang berat.

Jika kamu suka dengan artikel ini jangan lupa berlangganan via email untuk informasi artikel terbaru dari saya. Bye bye...

Posting Komentar untuk "Windows 10 LTSC Gesit Untuk Gamer"

Berlangganan via Email