Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modifikasi RTLSDR Agar Lebih Dingin

Sudah beberapa kali saya melakukan modifikasi usb dongle RTLSDR, ini kali ketiganya. Yang saya bicarakan disini adalah dongle murah tapi berkualitas yang dibalut case plastik berwarna biru.

Saat operasional usb dongle ini meghasilkan panas yang sangat tinggi pada kedua chip utama. Karena rasa khawatir akan bermasalah kalau digunakan dalam waktu lama, maka saya cari cara bagaimana teknis mendinginkan nya.

Menurut beberapa pengguna di forum yang saya ikuti ada yang mengatakan tidaklah perlu melakukan pendinginan, namun ada juga yang sejalan dengan saya. Karena saya pikir pengguna-pengguna di daerah bercuaca dingin mungkin tidak menjadi masalah.

Berbeda dengan di indonesia yang cuacanya panas, apalagi saya tinggal di garis katulistiwa, maka nggak salah kalau usb dongle ini perlu dimodifikasi.

Kalau punya RTLSDR keluaran dari rtlsdr.com memang tidak perlu lagi dimodifikasi karena sudah didesain dengan menggunakan case aluminium dengan thermal pad sebagai penyalur panasnya.

Pergeseran Frekwensi (Frequency Drift)

Masuk akal juga, saya pernah baca disuatu laman mengatakan kalau perangkat ini terlalu panas mengakibatkan pergeseran frekwensi pada komponen kristalnya. Apalagi USB dongle RTLSDR yang biru tidak menggunakan kristal jenis TCXO.

Berikut saya tampilkan beberapa penampakan modifikasi yang pernah saya buat pada dongle rtlsdr dvb warna biru.

Blue rtlsdr

Heatsink

Teknisnya menggunakan pendingin bekas dari motherboard komputer yang rusak, kemudian case plastik rtlsdr saya lubangi untuk melewatkan plat aluminium  tipis yang akan menyentuh permukaan chip yang panas dan tentunya saya tambahkan sedikit thermal paste agar penyerapan optimal.

Untuk menahan pendingin saya menggunakan lem epoxy dari dalam dan luar case.

RTLSDR Mod1

RTLSDR Mod2


Beberapa waktu lalu kembali saya melakukan perubahan dengan menggunakan dua buah pcb 5 x 7 cm dan atas saran dari teman-teman di grup FB RTLSDR, untuk memberikan perlindungan dari gangguan noise menggunakan case logam, maka jadilah seperti digambar berikut ini.

Kebetulan ada kaleng bekas souvenir lama untuk saya korbankan, kalau tidak ada bisa pakai kaleng bekas apa saja atau bikin dari plat aluminium yang tipis gak mahal kok satu meternya.

RTLSDRKU1

RTLSDRKU2

Bisa dilihat teknis pengambilan panas masih sama seperti yang dulu, saya pakai plat tipis aluminium jadi mudah digunting dan ditekuk. Kemudian plat tersebut dijepit oleh pendingin bekas dari motherboard rusak, dimana antara pelat aluminium dengan pendingin saya berikan sedikit thermal paste agar bersentuhan dengan optimal.

Sedianya RTLSDR ini akan saya coba gunakan untuk proyek bikin penerima sinyal satelit NOAA, mudahan nanti bisa saya ceritakan hasilnya.

Posting Komentar untuk "Modifikasi RTLSDR Agar Lebih Dingin"

Berlangganan via Email