Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Keras Radar ADSB Pesawat

Komponen Utama Radar ADSB

Hari ini iseng posting tentang perangkat radar mini pesawat (adsb), khusus mengupas bagian dalemannya. Hal ini cukup menarik, melihat masing-masing dari penyedia layanan ini menggunakan perangkat yang berbeda-beda juga.

Jadi didalam sebuah perangkat radar adsb tersebut memiliki dua komponen utama, pertama berupa komputer papan tunggal atau istilahnya SBC (Single Board Computer) sebagai pengolah data yang berisi sistem operasi berbasis linux serta aplikasi decoder radar milik mereka.

Yang kedua adalah berupa perangkat radio penerima sinyal (receiver) yang dihubungkan ke komputer papan tunggal tadi.

Inilah salah satu fungsi komputer papan tunggal atau SBC yang pernah saya ulas juga dalam artikel khusus tentang SBC.

Dikarenakan perangkat radar ini harus beroperasi terus-menerus selama 24 jam dalam menerima sinyal pesawat dan mengirim hasilnya melalui internet, maka SBC lah jawabannya. Saya pribadi sudah mengoperasikan radar saya selama 3 tahun dan masih dalam keadaan baik.

Jenis-Jenis SBC pada ADSB

Flightaware 

Flightaware menggunakan SBC Raspberry pi 3 model B+ dan sebagai mesin utamanya dan disisi radio penerima menggunakan Mode S Beast modul pada model box yang biru, kemudian menggunakan rtl-sdr modul pada model box jingga.

Karena menggunakan Raspberry, maka sistem operasi yang digunakan pada perangkat ini berbasis pada Raspberry OS. 

Hardware raspberry 3 model B+ dipersenjatai dengan processor quadcore broadcom dengan ram sebesar 1Gb.

Flightaware Box
Flightaware ADSB Feeder


 
Flightaware Blue
Raspberry Pi + Mode S Beast

Pada perangkat Flightaware box biru menngunakan display touchscreen 3,5 inch dan pada modul radio Mode S Beast nya memberikan tegangan ke bagian antena yang didalam antenanya terdapat modul GPS.

Sekaligus bisa saya katakan Mode S Beast merupakan modul radio yang bagus karena memiliki filter tambahan, dibandingkan dengan rtl-sdr biasa.

Airnav Radarbox

Airnav radarbox menggunakan custom hardware yang berbasis SBC Olimex lime 1 yang disatukan langsung dengan modul radionya. Sistem operasi yang digunakan berbasis Armbian.

XRange Box
 

XRange
Radarbox XRange

Bagian yang saya tandai kotak merah pada gambar merupakan rtl-sdr dengan tambahan filter, nampak bagian SBC merupakan Olimex lime 1 dengan processor dual core all winner dan ram sebesar 512Mb, dimana port-port atau konektor seperti hdmi, sata dan lainnya dihilangkan.

Tidak seperti pada perangkat Flightaware, milik Radarbox tidak memiliki modul Wifi sehingga koneksi internet hanya menggunakan port RJ-45.

Saya penasaran dengan gambar diatas nampak ada port USB yang tidak dipasang konektornya, saya mengira jika ini dipasangkan konektor USB maka akan bisa dipasangkan dengan modul Wifi.

Flightradar24

Flightradar24

Perangkat keras adsb milik Flightradar24 menggunakan SBC Beaglebone dengan dipadu modul radio Mode S Beast custom, dan dalam paket nya disertakan modul GPS yang menggunakan kabel dihubungkan pada konektor belakang perangkat.

Perangkat serupa juga digunakan oleh adsb milik Radarscape.

Flightradar
Beaglebone + Mode S Beast

Demikian sajian perangkat keras yang digunakan sebagai radar pesawat yang menerima sinyal dari pesawat, adapun perangkat serupa juga digunakan pada perangkat keras AIS (Automatic Identification System) sabagai radar kapal laut didalam teknologi pelayaran.

Posting Komentar untuk "Perangkat Keras Radar ADSB Pesawat "

Berlangganan via Email