Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bluetooth Speaker Simbadda CST 800N Kecil Tapi Sangar

Simbadda CST 800N

 

Awalnya sering sakit tenggorokan karena mengajar full seharian, puncaknya sampai sakit selama 2 bulan. Akhirnya terpikirkan bagaimana caranya ngajar tapi tidak terlalu ngegas suaranya supaya tidak mudah sakit.

Ingat sama guru sekolah dasar anak saya yang ngajar pakai mic dan amplifier serta dua speaker tergantung di depan kelas, akhirnya saya putuskan untuk mengikuti jejaknya tapi dengan perangkat yang lebih portabel.

Terpikirkan dengan cara menggunakan  bluetooth speaker yang nantinya digunakan sebagai media penghubung audio dengan video materi,  sekaligus bisa digunakan untuk media pengeras saat menjelaskan menggunakan microphone.

Setelah melakukan riset sjenak mencari bluetooth speaker yang portabel yang bisa diandalkan dalam kelas, jatuh pilihan pada bluetooth speaker merek Simbadda CST 800N, merek ini sudah cukup bagus menurut saya karena biasanya saya juga gunakan yang tipe CST 6100N dirumah.

Biasanya saya boyong yang CST 6100N untuk membantu mengajar, tapi karena kebesaran maka perlu rasanya cari yang lebih praktis.

Oke langsung saja ya, kenapa pilihan jatuh pada Simbadda CST 800N untuk menemani saya dalam kelas maupun laboratorium praktek, berikut alasan dan ulasannya.

1. Harga Terjangkau

Jelas yang pertama adalah dari segi harga sangat terjangkau, saya beli secara online dari Surabaya via Bukalapak seharga Rp. 275.000, harga termurah yang saya lihat adalah Rp. 225.000 di Jakarta, tapi pertimbangan jarak untuk ke tempat saya yaudah ambil dari Surabaya saja.

Jika dibandingkan dengan speaker premium JBL original dengan desain seukuran, harganya jauh lah ya, sampai 2 juta lebih he he he.

Dalam boks berisi :

1 x Speaker
1 X USB kabel charger
1 x Strap/tali gantung.
1 X buku panduan
1 x kartu garansi

2. Fitur lengkap

Speaker ini memiliki fitur radio FM, MP3 player dengan pilihan dari sumber USB atau SDCARD (bukan micro SD ya), koneksi via bluetooth dan koneksi input AUX (Sumber dari luar pakai jack stereo 3,5mm). Daya output 10 watt RMS, di tenagai oleh satu speaker 3 inch. 

Tiap mode diakses melalui tombol mode dan tiap perpindahan mode ada nada tonenya, saat pindah mode radio FM ditandai dengan suara desis, setelah mode FM adalah mode input Aux jika ingin menyambungkan speaker dengan input dari perangkat lain melalui kabel audio 3,5mm.

Dengan baterai tipe 18650 3,7 V 1200mAH speaker ini secara normal bisa beroperasi selama 3,5 sampai 4 jam non stop.

Dimensi 256mm panjang dan 115mm diameter, berbentuk tabung sehingga mudah dimasukkan kedalam tas ransel. Bahan tabung yang semula saya kira terbuat dari alumunium ternyata terbuat dari plastik seperti paralon yang cukup tebal.

Speaker ini belum mendukung perlindungan dari siraman air.

3. Mudah untuk di modifikasi

Kok ada modifikasinya, ya saya suka sama yang bisa dimodifikasi. Di Youtube banyak yang review kok dan ada juga video untuk modifikasinya. Modifikasi yang bisa dilakukan secara sederhana ada dua yaitu mengganti baterai dan menambahkan tweeter agar audio trebel lebih berasa.

Saat artikel ini saya buat, baru saya lakukan modifikasi baterai karena kebetulan banyak  punya baterai original Panasonic NCR 18650B dengan kapasitas 3400 mAH. Awalnya mau saya pasangkan 2 buah supaya mencapai 6800mAH, akhirnya saya pasang satu saja.

Untuk membuka satu sisi bagian board cukup mudah, dengan cara melepas tiga baut saja. Kemudian memisahkan board dengan speaker dan antena radio juga mudah karena menggunakan sistem pin socket.

Charging bisa pakai charger HP yang 2A, karena konektor daya standar tipe mikro USB.

4. Kualitas Suara

Di video review sebenarnya menurut saya kurang bisa mewakili ya audio yang terdengar, tapi sudah taulah kualitas Simbadda lumayanlah menurut saya dengan harga yang ditawarkan.

Walau dentuman bass ga nendang amat namun bisa dinikmati, maklumlah dengan diameter speaker dan ukuran tabung jangan disanding dengan yang diameter gede. Suaranya jernih, bass cukupan, trebel terdengar walau kurang tapi bisa dimodif ditambahin tweeter supaya lebih cakep.

Otomatis frekwensi tengah dominan, karena sepertinya speaker nya jenis midrange. Dengan daya 10 watt ini kamu bisa kok jogetan se ruangan.

Hasil penggunaan di ruang kelas sangat cukup, tidak sampai full open volume untuk menayangkan video, suara sudah sangat kencang dan vokal sangat bagus serta tidak ada kesan cempreng.

Silahkan dikira-kira kalau pakai kapasitas baterai bawaan 1200 mAH 3,5 sampai 4 jam nonstop, kalau dengan modifikasi saya ke 3400 mAH berapa lama hehehe.

5. Bluetooth + Mic Wireless

Seperti yang saya katakan diawal mengenai fungsi yang saya butuhkan selain ada Input Aux setereo adalah adanya  bluetooth yang bisa dipadukan dengan aplikasi android dari Playstore. Ada banyak aplikasi microphone yang bisa digunakan dengan fitur-fiturnya.

Saya gunakan aplikasi microphone dari developer WeAreYeong sayang update terakhirnya 6-Sep-2019, aplikasi ini cukup simple tapi sudah ada pilihan presetnya dan cukup bersih. Walau agak delay dan ber echo kita bisa atur volume output secukupnya.

Ini bisa jadi alternatif lumayan untuk mengurangi rasa sakit tenggorokan para pengajar yang kadang harus berjuang dengan suara sekitarnya. Agar tidak delay bisa gunakan konektor dan kabel yang langsung ke bagian input Aux.

Oke kesimpulannya saja langsung ya, dengan harga berkisar Rp. 250.000 untuk Simbadda CST 800N sangat memuaskan, bisa di gunakan dimana saja dan kapan saja dengan kualitas suara bagus serta kencang, rekomendit sekali dah.

Pairing speaker CST 800N melalui bluetooth sangat cepat dan mudah ke laptop Asus saya, begitu juga saat pairing dengan handphone Oppo A5S saya


Simbadda cstn800n
Simbadda CST 800N board dan battere compartemen saya tandai kotak merah

Simbadda cstn800n
Hijau konektor speaker Merah konektor antena FM

Simbadda cstn800n batt
Baterai dan modul bawaan 1200 mAH

Simbadda cstn800n batt mod
Baterai pengganti 3400 mAH dengan modul yang dipindahkan




Simbadda cstn800n batt mod
Selesai modif baterai

Minusnya speaker ini menurut saya, walaupun nampak seperti ada speaker tweeter diatas panel kontrol ternyata hiasan belaka, didalamnya hanya berisi sebuah speaker saja. Namun demikian kamu bisa kok tambahkan sendiri dengan cara memparalel speaker utama dengan tweeter tambahan.

Tweeter bisa di sematkan di bagian body tabung, nanti kalau sudah beli tweeternya akan saya pamerin lagi gambarnya disini.


Post a Comment for "Bluetooth Speaker Simbadda CST 800N Kecil Tapi Sangar"

Berlangganan via Email