Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bongkar Webcam SPC WC02 Yang Microphone nya Bermasalah

Masih terkait dengan artikel lalu saya yang membahas webcam ini, seputar harga dan review singkat. Kali ini saya akan sharing tentang membongkar kamera ini.

Kebetulan waktu beli webcam ini sebenarnya karena ada teman yang minta carikan webcam untuk dia pakai pada pengajaran online serta membuat video tutorial, akhirnya agar ongkos pengirimannya hemat saya pun ikutan beli.

Pas barang datang di tempat kerja, kita langsung buka dan ambil masing-masing. Nah setelah beberapa minggu gitu dia minta bantuan untuk buat video pembelajaran menggunakan aplikasi OBS studio.

Namun ternyata saat saya setingkan mic nya terjadi kesulitan, dimana sensor mic pada aplikasi OBS naik turun nggak karuan, setelah cek sampling recording pendek ternyata hasilnya suara tidak muncul dan malahan terdengar suara ketukan-ketukan saja.

Akhirnya saya pinjamkan webcam milik saya untuk sementara, dan milik dia saya bawa pulang untuk iseng saya coba periksa nantinya. Awalnya saya coba buka siapa tau bisa mudah dibuka, karena tidak nampak ada bautnya saya perkirakan hanya menggunakan sistem pengait saja.

Ternyata tidak mudah kebuka juga, coba cari info di internet yang biasanya sudah banyak yang melakukan ternyata nggak satupun ketemu. Beberapa saat akhirnya ketemu juga solusinya, saya buka dulu  stiker bagian depan dengan cara mencongkel dengan jarum karena pakai opener plastik tidak berhasil.

Webcam1
SPC WC02 Stiker dilepas dulu


Mencongkel stiker nya dengan jarum ternyata berhasil dengan mudah karena stikernya cukup tebal sekitar 1mm dan perekatnya juga tidak terlalu susah untuk lepas, stikernya nggak sampai rusak jika dilakukan dengan hati-hati.

Dan benar saja dibalik stiker webcam ini ada 2 baut yang mengunci, setelah itu penutup dapat dengan mudah saya lepas menggunakan obeng plus ukuran kecil. Akhirnya bagian dalam bisa di akses dan ternyata yang awalnya saya kira ada dua microphone didalam ternyata hanya ada satu saja, mengingat tampak dari depan ada dua lubang microphone.

Webcam2

Webcam3

 

Rangkaian kamera didalamnya sederhana saja, nampak  hanya ada 2 microchip dan microchip utama sepertinya sengaja di rahasiakan karena nomer kode di hapus jadi ya nggak bisa cek. Untuk melepas papan rangkaian cukup mudah karena hanya menggunakan dua baut saja.

Pemeriksaan awal sepertinya tidak ada masalah dengan kabel dan solderan yang tadinya saya perkirakan ada bagian yang longgar atau short sirkuit di kabel. Tapi tetap saja saya coba lepas empat kabel tersebut, saya potong bagian ujungnya dan solder pasang ulang lebih rapi lagi.

Kebetulan punya mic condensor cadangan yang seukuran jadi coba saya gantikan dulu, kemudian saya coba tes lagi di aplikasi OBS studio dan hasilnya suara bisa tertangkap dengan baik namun kualitas suaranya masih jelek.

Akhirnya saya coba pasang ulang lagi mic yang lama, karena kalau diukur dengan multitester mic tidak ada masalah. Dan hasilnya jreng jreng webcamnya sudah bagus lagi alias mic sudah bisa menangkap suara dengan baik walau saya rasakan tidak sebaik milik saya yang masih dipinjam teman namun di sensor mic OBS tidak lagi naik turun jogetan kesana kemari walau tidak ada suara yang masuk.

Webcam4
Komponen utama webcam SPC WC02

Webcam5
Unit yang sudah dirapikan

 

Sudahlah berhubung banyak hal yang harus dikerjakan lagi, unit webcam saya rapikan kembali yang penting sudah bisa dipakai buat google meeting an lagi yak. 

Kesimpulannya kali ini mungkin ada glitch aja ya di bagian microphonenya, biasa di alat eletronik disolder ulang atau dipanaskan dengan blower penyakitnya bisa sembuh, aneh juga ya.

Oke setidaknya itu tadi, acara membongkar unit webcam SPC WC02 milik teman yang micnya tidak berfungsi samasekali sekarang sudah bisa dipakai lagi.

Post a Comment for "Bongkar Webcam SPC WC02 Yang Microphone nya Bermasalah"

Berlangganan via Email