Widget HTML #1

Webcam SPC WC02 Murah Berkualitas Untuk Video Recording Maupun Meeting

 

webcam spc wc02

Salah satu kebutuhan untuk bikin video tutorial pengajaran maupun untuk live teaching adalah webcam, karena kamera bawaan laptop umumnya kurang memadai alias kualitasnya kurang bagus.

Umumnya kalau cari webcam yang berkualitas, sudah tentu cari keluaran produsen Logitech, tersedia dari harga yang 350 ribuan sampai diatas 3 jutaan.

Sebagai awalan saya coba cari yang punya harga 200 ribu kebawah, lumayan lama juga pilah pilih, rata-rata yang dibawah 200 ribuan tidak ada merek atau merek asal saja.

Harga Low End Dari Brand Terkenal.

Setelah hampir putus asa, tiba-tiba nemu webcam merk SPC WC02 seharga 175 ribu. Merk SPC termasuk merk sangat lama yang kini banyak memasarkan produk CCTV. Kalau saya cari tipe selain WC02 untuk alternatif ternyata nggak nemu.

Ya akhirnya jatuh pilihan sama yang ini aja, dari segi fisik mirip produk webcam logitech brio yang harganya mencapai diatas 4 juta rupiah. Kebiasaan saya kalau cari produk, model merupakan salah satu syarat untuk meminang barang, tentunya selain harga dan fitur.

Kenapa model jadi syarat, ya karena selain harus suka jangan sampai beli produk dengan harga mahal tapi modelnya murahan dan yang lebih fatal antara harga dengan bahan produk maupun tampilan tidak sesuai kan.

Berbeda kalau harga murah tapi bahan produk maupun tampilan mewah, ini berarti bonus bagi konsumen. Lah kok lari ini ceritanya, oke kembali ke webcam SPC yang sudah terbeli dan beberapa kali sudah saya gunakan recording video pembelajaran.

Di awal saya coba recording dengan aplikasi OBS Studio (Yang biasa recording dan streaming sudah pasti tau dong ya), dengan webcam SPC ini saya dapati tangkapan kamera sangat memuaskan, dengan resolusi full HD 1080.

Untuk suara yang dihasilkan oleh microphone built in pada webcam memang pas-pas an pada mode standarnya, namun ketika saya tambahkan beberapa filter microphone dari fitur aplikasi OBS, hasilnya bisa jauh lebih meningkat, baik dari sisi amplitudo (kekencangan suara), kualitas serta, redaman noisenya.

Webcam SPC WC02
Ada fasilitas untuk pemasangan  pada tripod.

Walaupun minim fitur lainnya seperti face tracking atau yang lainnya, tidak mengurangi kepuasan dalam fungsi utamanya dalam urusan recording maupun streaming, dengan harga cukup ekonomis webcam ini sudah cukup baik digunakan.

Hal menarik untuk webcam ini, adanya lubang pemasangan tripod di clam bagian bawah yang biasanya terdapat pada webcam yang premium.

Nah saya ada rencana mau beli webcam Logitech yang tipe C270 dengan harga kisaran 320 ribu, nanti kita bandingkan dengan SPC ini.

SPC Webcam

 

Kesimpulan

Dari sisi microphone ada baiknya menggunakan mic dari headset, dari hasil coba saya mic headset merk Robot dengan haraga 50 ribuan sudah dapat meberikan suara yang cukup bagus dengan tambahan pula menggunakan filter dari aplikasi OBS studio.

Jika kamu menginginkan fitur dan kualitas yang profesional sebagai sorang youtuber ataupun streamer, tentunya webcam ini menjadi kurang cocok. Ya menurut saya segmentasi webcam ini cocoknya untuk pemula atau bagi orang yang hanya sekedar menggantikan kamera laptop yang rata-rata hasilnya kurang bagus.




Post a Comment for "Webcam SPC WC02 Murah Berkualitas Untuk Video Recording Maupun Meeting"