Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bongkar SWR Surecom SW 33 Portable

 

Surecom SW33 Mark II
Surecom SW33 Mark II

Barangnya sudah datang jadi waktunya kita ulas sedikit, yuk luangkan waktu membaca dan melihat bongkarannya.


Pertama untuk fungsi bisa dibaca di artikel Mengenal SWR yang sudah pernah saya angkat, karena bagi kamu yang suka bermain-main dengan antena maka alat SWR meter setidaknya harus ada.

Setelah lama saya pertimbangkan dan dananya ada, saya memutuskan beli lagi SWR meter yang baru, dan kali ini beli yang murah tapi nggak murahan serta sudah bisa mengukur 2 pita frekwensi yang sangat umum digunakan yaitu VHF dan UHF.

Berbeda dengan SWR Diamond SX-200 yang pernah saya miliki, ia adalah SWR yang menggunakan jarum penunjuk untuk hasil pengukuran, sementara Surecom SW-33 menggunakan led 7 segment (led bentuk angka 8).

Selain bentuknya mungil, surecom sw33 terdapat batere isi ulang guna pengoperasiannya. Dengan banyak pertimbangan saya pilih tipe ini dibanding tipe surecom lainnya adalah karena faktor kepentingan dan hasil review di amazon.com.

Kepentingan saya akan SWR meter tidak begitu profesional maka pilihan ini cocok buat saya, harga tergolong murah, mungil, mendukung dual band, bisa mengukur daya pancar (power meter), pengoperasian sangat mudah dan yang paling penting hasil pengukuran tergolong sangat akurat.

Saya tidak akan membahas bagaimana akuratnya hasil pengukurannya karena saya percayakan dari hasil membaca review produk ini di amazon.com oleh para penggiat radio yang sudah melakukan uji ukur menggunakan alat lengkap yang mereka miliki.

Surecom merupakan produk dari Hongkong yang memproduksi beberapa jenis alat ukur dan radio komunikasi.

Sesuai janji saya berikut adalah foto bongkar SWR ini sesaat setelah barang saya terima, kebetulan saya search belom ada foto bongkar alat ini secara detail.

Surecom SW33 Mark II

Surecom SW33 Mark II

Surecom SW33 Mark II

Surecom SW33 Mark II

Dari foto-foto diatas tampak swr ini terdiri dari 2 buah board, 1 board merupakan directional coupler sederhana jenis pcb strip yang ada plat tipis dikanan kiri nya kemudian 1 board rangkaian utama. Pada directional coupler terlihat juga dibagian ujung berwarna merah merupakan trimpot kalibrasi.

Dalam foto tampak juga batere litium berada diantara kedua board, batere cukup awet digunakan untuk pengukuran berulang-ulang. Jika habis dapat diisi ulang menggunakan charger bawaan  5V/1A.

Casing berupa alumunium yang cukup tebal dan mudah untuk dibuka menggunakan obeng + (plus).

Surecom SW33 Mark II ini adalah versi 1.2 merupakan produksi kedua, ditandai dengan tombol power tekan berwarna merah. Produksi awal menggunakan switch geser untuk mengatifkan.

Dari penelusuran video di youtube saya dapatkan informasi bahwa ada pembaharuan versi baru dengan sedikit modifikasi untuk peningkatan akurasi namun mungkin belum beredar luas, berikut videonya saya sematkan.



Baik sobat sekalian mudah informasi ini dapat bermanfaat buat kalian, nantikan artikel berkenaan penggunaan SWR dan power meter ini dalam melakukan pengukuran. Sementara ini belom bisa saya ulas berkenaan belom punya Dummy Load untuk untuk melakukan pengukuran daya, begitu dummy load ada akan saya ulas lagi, Salam Telekomunikasi...

Post a Comment for "Bongkar SWR Surecom SW 33 Portable"

Berlangganan via Email