Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Radio Handy Talky (HT) Baofeng A52, Murah Tapi Mantap

Baofeng A52
Baofeng A52

 

Kalau ngomongin soal teknologi dan harga murah nggak ada habis-habisnya kita ngomongin negara cina tentunya. Se gambreng perangkat mulai dari mainan sampai peralatan profesional ada.


Dulu teknologi di kuasai Amerika, Eropa, dan Jepang. Kini walaupun masih demikian tetapi Cina memberikan warna yang lain terhadap Indonesia khusus nya. Barang yang harganya jutaan oleh Cina mampu dijual dengan harga ratusan ribu saja.

Dari yang pernah saya baca-baca (Belum pernah ke Cina soale) ini disebabkan karena bahan baku yang melimpah serta upah tenaga kerja yang jauh lebih murah di negara tersebut.

Contohnya saja orang-orang negara Amerika dan Eropa yang biasanya mementingkan kualitas kini banyak membeli perangkat kedua mereka dari  pabrikan Cina, dan mereka emgatakan murah dan luarbiasa.
 
Berkaitan dengan hal diatas Sebenarnya yang mau saya bahas sekarang adalah sebuah radio telekomunikasi dua arah jenis HT (Handy Talky) merek Baofeng yang sudah melegenda di seluruh dunia karena fitur yang cukup lengkap dan tentunya juga harga yang sangat terjangkau dan kualitas yang baik.
 
Ini merupakan radio Baofeng kedua saya seteleh lama memelihara Baofeng tpe GT 3TP. Awalnya ingin beli tipe V3R yang mungil, namun pilihan akhirnya jatuh pada tipe A52 dengan pertimbangan tampilan yang ok serta daya yang lebih besar.

DUAL BAND VHF/UHF

Umumnya radio HT Cina saat ini memiliki fitur dual  band bekerja pada 136 - 174 Mhz untuk VHF dan  400 -520 Mhz untuk UHF. 

Untuk spesifikasi sebenarnya saya juga masih bingung, jika saya bandingkan dengan radio Baofeng pertama milik saya tipe GT3 TP yang saya beli dengan harga jauh lebih mahal yaitu 700 ribuan tidak lah jauh berbeda bahkan cenderung sama saja, yang membedakan hanya tampilan casingnya saja.

Inside Baofeng A52
Daleman Baofeng A52 Mirip GT3TP


Begitu juga dengan Baofeng tipe UV5R yang laris seperti kacang goreng, kebetulan saudara ipar saya beli tipe ini, fiturnya juga sama.
 
Kalau kamu punya info berbeda, bisa coret-coret di komentar bagian bawah ya.

SPESIFIKASI

Harga saya dapatkan untuk tipe A52 dari Official Baofeng Indonesia via Bukalapak Rp. 275.000 belum termasuk ongkos kirim,.
 
Main Features:
- Dual-band handheld transceiver with display function
- DTMF encoded
- Incorporates 105 codes "DCS" and 50 privacy codes "CTCSS" programmable
- Function """"VOX"""" (Voice Operated Transmission, Memancar ketika ada suara)
- Alarm function
- Up to 128 memory channels
- Broadband (Wide) / Narrowband (Narrow) selectable
- High Power/Low (5W/1W) selectable
- Dual Watch/Dual Reception (Mendengarkan 2 frekwensi sekaligus)
- Built-in LED flashlight


Brand: BAOFENG
Model: BF-A52
FM Radio: 65-108MHz (Only commercial FM radio reception)
VHF: 136-174MHz (Rx/Tx)
UHF: 400-520MHz (Rx/Tx)
Memory Channels: Up to 128 channels
Frequency Stability: 2.5ppm
Frequency Step: 2.5kHz/5kHz/6.25kHz/10kHz/12.5kHz/25kHz
Antenna Impedance: 50 ohm
Supply Voltage: 7.4V/1800mAh Li-ion
Mode of Operation: Simplex or semi-duplex

Transmitter:
RF Power Mode: High 5Watt, Low 1Watt
Type of Modulation: FM

Receiver:
Sensitivity: 0.2uV (at 12dB SINAD)
Intermodulation: 60dB
Audio Output: 1000mW
Adjacent Channel Selectivity: 65/60dB

Isi dalam kemasan
1x BAOFENG A52
1x 1800mAh Rechargeable Battery
1x Antenna
1x Power Adapter + Charging Dock
1x Belt Clip
1x Lanyard
1x User Manual 

Baofeng A52



Bisa dikatakan sekarang ini untuk memiliki radio komunikasi kamu bisa dapatkan dengan harga murah meriah, tinggal pilih mau bentuknya seperti apa, ratra-rata fitur dan daya pancar sama saja yaitu maksimal 5 watt.

Dibandingkan era dulu rata rata HT memiliki daya pancar 2 watt seperti pada tipe Icom IC2N dan IC 02N dan hanya single band saja.

Kalau kamu suka hiking, naik gunung, touring, atau kegiatan lapangan lainnya, Baofeng A52 sudah sangat handal membantu kegiatanmu, dengan antena bawaannya kamu bisa berkomunikasi hingga sejauh 2km di ruang terbuka.

Jika kamu ingin punya radio komunikasi dengan banyak frekwensi, kamu bisa pilih Yaesu VX3R atau VX6R seperti HT pertama saya. Radio ini memiliki band yang luas mulai dari AM, HF,MF,FM, SW, Air Band, VHF, UHF, Televisi, dll. Bekerja mulai frekwensi 1500 Khz hingga 999 Mhz.

 
Unboxing Baofeng A52

Kesimpulan Akhir

Walaupun harga radio ini tergolong sangat murah, bukan berarti murahan. Karena sudah bisa digunakan untuk berkomunikasi sama baiknya seperti radio brand Yaesu, Motorola, Icom dan lainnya yang punya harga hingga 5 kalinya.

Dengan baterai 1800 mAH, Baofeng A52 bisa kamu andalkan seharian untuk berkomunikasi, justru malah yaesu VX6R saya lebih kecil kapasitasnya yakni 1200 mAH saja dan tentu saja lebih cepat habis dayanya.

Radio ini juga bisa menghibur dikala sepi karena dilengkapi penerima siaran radio FM broadcast, radio FM akan mati saat di frekwensi standby ada komunikasi, dan kembali ke mode radio FM jika beberapa saat tidak ada lagi suara komunikasi yang masuk. 

Post a Comment for "Radio Handy Talky (HT) Baofeng A52, Murah Tapi Mantap"

Berlangganan via Email