Widget HTML #1

Ternyata Ini Isi Bagian Dalam Webcam Nemesis NYK 95 Albatros


Webcam Autofocus Resolusi 2K

Kamera webcam ini sebenarnya sudah agak lama saya beli, hanya saja karena lagi malas mengulas jadi baru sekarang saya sempatkan mengangkat kedalam artikel.

Inipun lebih dikarenakan webcamnya habis saya bongkar abis buat lihat mutu dari perangkat keras internalnya.

Oke sebelum ngomongin bagian dalamnya, sedikit saya bahas dulu latar belakang kenapa saya beli webcam ini. Sebelumnya saya sudah punya webcam murah yang memiliki manual focus dari SPC WC02 dan focus tetap yang murah yaitu Logitech C270.

Setelah melakukan riset kecil akhirnya mencoba membeli webcam autofocus yang jatuh pilihan kepada produk Nemesis NYK 95 Albatros ini, di Youtube produk ini cukup memiliki apresiasi positif karena harga yang tergolong murah untuk sebuah webcam dengan resolusi 2K dan dengan kemampuan autofocus.

Harga ini bisa dibandingkan dengan produk milik Logitech yang paling murah yaitu seri C270 yang saat ini dipasaran online harganya berkisar 400 ribuan rupiah dengan resolusi 720P dan fokus tetap. Sementara untuk Nemesis saat ini di harga kisaran 450 ribuan.

Kualitas Webcam Nemesis A95

Secara umum saya cukup puas dengan kualitas yang dihasilkan, dengan harga yang ditawarkan walaupun nampak jelas kejernihan gambar masih dibawah Logitech seri C922 Pro, ya iyalah beda harganya aja jauh, tapi jangan salah C922 resolusinya belum 2K.

Untuk urusan Autofokus, Nemesis cukup bagus apalagi saat transisi dari blur ke focus seperti ada efek delaynya layaknya kamera DSLR saat lensanya diputar.

Sayangnya dari beberapa kali percobaan terkadang setelah mendekatkan objek kemudian objek dijauhkan kembali, autofokus tidak bekerja jadi harus dipancing dengan menutup kamera dan membukanya lagi.

Terakhir yang ingin saya bahas tentunya selain kualitas kamera adalah microphone internalnya, sayangnya untuk urusan microphone internal masih kalah sama Logitech C270 dimana hasil penangkapan sepertinya kurang peka dan terkesan agak mendem.

Kalau dilihat secara sepintas ada dua lubang mic dibagian depan webcam, walaupun saya tau webcam ini tidak memiliki mic stereo seperti Logitech C922.

Dari segi body dan kwalitas plastiknya cukup bagus dan terkesan mahal serta bobotnya lumayan berat seperti produk webcam mahal milik Logitech, ini karena Nemesis A95 memiliki logam dibagian penyangga.

Yuk Kita Bongkar

Karena penasaran dengan body nya yang cukup besar dan mic nya yang rada mendem maka saya lakukan pembongkaran. Berikut foto-foto jeroan dari Nemesis A95 saya.

Lepas plastik bagian depan, congkel dengan jarum

Boardnya kecil seperti SPC WC02, bagian belakang nempel Thermal pad.

Lah wadah Mic kanan kiri kosong bro... ?

Kemungkinan ini Mic bentuknya kotak, simbol di board M1. Kecil banget...

Foto dekat dengan lensa makro nya Poco M3

Lebih unik tanpa stiker plastik, supaya lebih nangkep suara juga mic nya...


Keren tanpa stiker depan, bisa nggak ya mod ditambahin mic, soale ada koneksi kosong dekat mic.

Kesimpulan

  1. Overall saya kasih bintang 4 dari 5, seandainya autofocusnya lancar bakal saya kasih perfect 5 stars.
  2. Dilengkapi thermal pad sehingga panasnya komponen diserap dan dibuang ke body.
  3. Murah, resolusi 2K, autofocus.
  4. Buat urusan daring sudah sangat bagus, buat unboxing autofocus tidak lancar.
  5. Sudah coba di aplikasi OBS dan NCH Debut lancar jaya dan OK

Post a Comment for "Ternyata Ini Isi Bagian Dalam Webcam Nemesis NYK 95 Albatros"