Widget HTML #1

Aplikasi Keuangan Sederhana Berbasis Code Igniter

Lama sudah vakum nggak nulis artikel nih, oke kali ini mau bahas aplikasi akuntansi sangat sederhana. Saya katagorikan sangat sederhana karena hanya ada transaksi keluar masuk atau debet dan kredit saja.

Awalnya karena ada suatu keinginan di organisasi untuk memiliki sistem keuagan yang dapat dipantau oleh anggota secara langsung untuk transparansi maka saya coba iseng cari dulu, siapa tau ada yang bisa diadopsi.

Kebetulan nemu sebuah aplikasi yang sangat cocok, sangat sederhana namun sudah bisa diandalkan yaitu aplikasi keuangan berbasis web dengan database MySQL dengan fitur sebagai berikut :

FITUR APLIKASI

  • Basis web dengan database MySQL
  • Multi user dengan level admin dan manajemen
  • Pencatatan hutang dan piutang
  • User interface yang responsive menggunakan bootstrap
  • Cetak laporan ke PDF ataupun Print langsung
  • Menampilkan data dalam bentuk grafik
  • Multi rekening
  • Kategori transaksi
  • Foto profil user
  • Logo organisasi

Tampilan Login
Tampilan Login
 

Sederhana Namun Sangat Memuaskan

Jika dalam pencatatan keuangan yang dibutuhkan  hanyalah uang masuk dan uang keluar dari kas maka aplikasi ini sudah bisa menjawab kebutuhan kita. Berbeda halnya kalau kita membuatnya hanya dalam bentuk dokumen Excel misalnya.

Pencatatan transaksi oleh bendahara dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun melalui handphone saja, karena sudah mendukung tampilan responsive pula, dalam hal ini saya sudah melakukan sedikit modifikasi sehingga anggota organisasi dapat melihat pencatatan keuangan organisasi secara realtime pula melalui perangkat mereka.

Halaman Transaksi

Dashboard Hal. Utama

Halaman Laporan
 

Dari Source Code ini sangat dimungkinkan untuk dikembangkan kembali agar semakin lengkap sesuai dengan kebutuhan. Semisal ketika akun sedang digunakan maka tidak akan bisa digunakan lagi pada perangkat lainnya untuk keamanan yang lebih baik.

Salah satu tambahan yang saya berikan yaitu penambahan level user sebagai pemantau keuangan, sehingga secara trasparan keuangan dapat dilihat oleh seluruh anggota organisasi namun user ini tidak bisa melakukan modifikasi apapun pada keuangan.

Bentuk laporan pun menjadi sederhana yaitu menampilkan uang masuk dan keluar saja serta sisa saldo terakhir. Dalam setiap transaksi pada aplikasi ini megharuskan kita melampirkan bukti nota transaksi yang juga dapat dilihat oleh semua user, sehingga cukup menambah kelengkapan aplikasi sebagai pencatatan keuangan.

Instalasi 

Instalasi aplikasi ini sangat mudah, terutama bagi yang sudah biasa dengan instalasi aplikasi berbasis web dan mysql.
  1. Extract file akunting kedalam folder utama atau sebagai sub folder (subdomain) pada lokal server atau live server.
  2. Buat database baru dengan nama sesuai keinginan, kemudian import database yang disediakan.
  3. Sesuaikan konfigurasi pada file koneksi.php sesuai konfigurasi server, yaitu host, nama database yang digunakan, user dan password database. Untuk host biasanya tetap localhost baik di lokal maupun live server.
  4. Test Runing...

Kesimpulan

Aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi penggunaan Personal, UMKM, Organisasi skala kecil dan yang lainnya yang hanya mementingkan pencatatan uang masuk, uang keluar dan sisa saldo secara sederhana.

Bagi anda yang tertarik dengan aplikasi ini, saya sediakan link downloadnya gratis dibawah namun saya beri password yang dapat diminta secara gratis via email hanya sebagai bahan survey jika aplikasi ini ada peminatnya.

User         : admin

Password : admin

Akunting Web

Database SQL Akunting

Post a Comment for "Aplikasi Keuangan Sederhana Berbasis Code Igniter"