Widget HTML #1

Cracking Blogger Template, Keisengan Yang Membuahkan Hasil

 


Sebenarnya keisengan ini sudah berlalu beberapa tahun silam tepatnya 25 September 2018, hafal karena memang saya berikan catatan pada hari itu. Saat itu pas lagi getol-getolnya memilih dan mencoba berbagai template yang mau digunakan untuk kepentingan pribadi.

Singkat cerita ada penyedia template blogger yang bagus bagus yaitu Sora Template dan Gooyabi Template (sepertinya keduanya satu pemilik atau mungkin rekanan). Selain bagus pada tampilan juga template ini memiliki banyak fitur menarik seperti misalnya mega menu dan scrolling sidebar.

Template blogger yang disediakan tersedia begitu banyak pilihan sesuai kebutuhan dan tersedia versi free atau gratis yang dapat di download, namun demikian kita tidak bisa melakukan perubahan pada credit yang terdapat pada footer bagian bawah. 

 Footer Template Publister 

Contoh Footer Pada Template Publister Versi 3.0

Jika kita melakukan perubahan pada tulisan footer, ada yang tulisannya akan tetap kembali seperti semula atau website kita akan di redirect ke halaman web pemilik template. Ini dikarenakan terdapat script yang mendeteksi perubahan tersebut dan script ini di acak dalam bentuk kode yang tidak bisa dibaca, dimana pada script ini juga terdapat fitur template yang jika di hapus mengakibatkan fitur tersebut tidak berfungsi.

Encrypted Script
Contoh Penggalan Script Template Yang Diacak

Contoh script diatas aslinya sangat panjang hingga ribuan baris, nah untuk dapat melihat kode aslinya kita harus bisa menterjemahkan dahulu script ini kemudian membuang beberapa baris kode yang fungsinya mendeteksi dan mengembalikan tulisan footer yang ada dan kode redirectnya.

Pada saat menulis artikel ini kebetulan saya melihat ada versi baru dari template publister yaitu versi 3.0 dan mencoba membedahnya yang ternyata tidak berisi kode redirect (hanya pengamanan tulisan footer dan fungsi fitur).

Footer Publister
Contoh Footer Yang Berhasil Diubah

Bisa dilihat pada contoh gambar diatas, dimana footer dapat diubah dengan aman tanpa merusak fungsi fitur dari template.

Berikut adalah bagian kode javascript yang sudah saya terjemahkan dan hapus sehingga footer dapat diubah dengan baik.

$('a#mycontent').each(function() {
    var a = $(this);
    a.attr('href', 'https://www.soratemplates.com/').attr('rel', 'dofollow').attr('title', 'Blogger').attr('style', 'display: inline-block!important; font-size: inherit!important; color: #ff00ba!important; visibility: visible!important;z-index:99!important; opacity: 1!important;position:relative!important;').text('SoraTemplates')
});
setInterval(function() {
    if (!$('a#mycontent').length) window.location.href = 'https://www.soratemplates.com/';
    if (!$('a#mycontent:visible').length) window.location.href = 'https://www.soratemplates.com/'
}, 1000);
 
Ada beberapa cara yang saya lihat dilakukan oleh orang lain di internet namun dengan cara yang brutal sehingga beberapa fungsi tidak berjalan dengan baik.
 
Jika ditelisik banyak script fungsi yang sepertinya dibuat oleh orang indonesia didalamnya seperti misalnya script pagination (pengaturan halaman) namun template ini dibuat oleh orang india. 

Salah satu faktor keisengan kulik-kulik kode ini karena waktu itu mau beli templatenya nggak punya uang dollar hehehe, akhirnya beli template yang buatan anak bangsa saja seperti yang saya pakai saat ini.
 
Penerjemahan kode diatas bisa dilakukan kurang dari 10 menit dengan memanfaatkan internet saja.

Bagaimana cara saya menterjemahkan kode tersebut tidak saya posting disini dikarenakan nanti akibatnya semua template tersebut yang jumlahnya ratusan dan bagus-bagus akan diserbu orang. Cukup menjadi bahan edukasi bagaimana sebuah template dilindungi penggunaanya dengan metode pengacakan script.

Kesimpulannya :

Tidak ada sesuatu yang benar-benar aman jadi berhati-hatilah, saya pribadi sudah beberapa kali mengalami pembobolan, kasihan-kasihan.

Jangan lupa belilah template buatan anak bangsa ... disini ya

Post a Comment for "Cracking Blogger Template, Keisengan Yang Membuahkan Hasil"