Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memantau Cuaca Sekaligus Pesawat



Hampir semua orang, khususnya yang memiliki aktivitas luar yang tinggi atau apapun pasti setidaknya berfikir apakah hari ini cuaca akan panas seharian ataukah sewaktu-waktu akan turun hujan. Prediksi cuaca menjadi salah satu hal penting dalam sebuah kegiatan di lapangan walaupun hanya sekedar suatu pertemuan.

Ditulisan ini secara singkat saya membagikan pengalaman dalam menggunakan sebuah aplikasi yang sebenarnya fungsi utamanya adalah untuk memantau lalu lintas pesawat dan jadwal penerbangan baik keberangkatan maupun kedatangan di tiap bandara diseluruh dunia.

Dari beberapa aplikasi serupa yang tersedia di Playstore seperti flightradar, flightaware dan lain-lain, saya menyukai aplikasi dari pihak radarbox.com namanya Airnav Radarbox. Dengan apliasi ini dulunya saya sering gunakan untuk memantau perjalanan pesawat kolega atau keluarga saat bepergian ataupun ketika mereka akan saya jemput.

Suatu hari pernah ketika akan menjemput istri, saya lihat pesawat dengan nomer penerbangannya tidak kunjung berangkat pada jamnya yang ternyata dari aplikasi ini terdeteksi pesawat tersebut memang mengalami penundaan atau delay dari bandara asal, jadi saya pun bisa memperkirakan ketika pesawatnya sudah terbang barulah saya ke bandara dan dengan aplikasi tersebut kita tahu ketika pesawat yang kita tunggu sudah tiba.

Namun selain manfaat tersebut diatas sayapun menggunakan aplikasi ini untuk melihat keadaan cuaca terutama apakah akan terjadi hujan deras yang lama ataupun tidak dikarenakan tempat tinggal saya sebelumnya rentan banjir jika hujan deras seharian. Selain itu pengalaman unik lainnya ketika saya melihat keadaan awan pada aplikasi ini bisa memprediksikan apakah akan ada banjir atau badai pada suatu daerah.

Jadi suatu waktu pernah saya perlihatkan ke istri "wah ini philipina badai kayaknya" dan benar saja keesokan harinya ada berita sesuai perkiraan saya, kemudian di indonesia sendiri sering saya melihat kondisi-kondisi awan sebelum mengakibatkan banjir di daerah tertentu.




Kenapa aplikasi ini kok bukan pakai aplikasi cuaca saja, yaitu tadi selain dapat manfaat pemantau pesawat juga sekaligus dapat pemantau cuaca, akurasinya cukup baik dan dapat di zoom serta ada menu untuk menampilkan arah angin dan area erupsi gunung berapi, dibandingkan dengan aplikasi prediksi cuaca konvensional yang menampilkan informasi besok cuaca akan cerah, atau besok akan hujan saya merasa kurang puas.

Dengan melihat ketebalan awan yang realtime dan pergerakannya sesuai arah angin kita bisa memperkirakan sendiri apakah akan turun hujan diarea kita, nah dengan demikian kita bisa lebih bijak mengambil keputusan untuk bepergian terutama bagi yang menggunakan kendaraan roda dua dalam banyak aktifitasnya.

Ini termasuk pengalaman pribadi saya yang sering menggunakan roda dua dengan jarak tempuh ratusan kilometer dalam sehari diantara tiga kota he he he maklum hobby banyak termasuk jadi kurir juga. Nah kalau kondisi cuaca sekiranya tidak bersahabat dalam jangka waktu lama maka saya putuskan lebih baik menunda, Bagaimana dengan kamu ? karena musim penghujan sudah dimulai lagi…

Yang terakhir kebetulan saya juga memberikan data penerbangan lokal melalui kerjasama radar bersama aplikasi ini sebagai hobby serta membantu pemberian data pada dunia penerbangan sehingga mendapatkan akun bisnis tanpa iklan di aplikasinya, namun tidak saya pungkiri ada aplikasi modifnya yang bisa didapat di internet tanpa iklan juga.

Pada tulisan lain mendatang akan saya bahas bagaimana melakukan kerjasama radar dengan aplikasi serupa. Dimana alat yang digunakan dapat disediakan sendiri ataupun minta gratis dari pemilik aplikasi.

Update

Untuk membaca artikel saya tentang bagaimana caranya bisa memiliki radar pesawat sendiri kamu bisa langsung menuju tautan ini Punya Radar Pesawat Di Rumah

Post a Comment for "Memantau Cuaca Sekaligus Pesawat "

Berlangganan via Email