Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi PPDB Gratis

Aplikasi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) online berbasis PHP ini sudah pernah saya bagikan di blog lama. Source code nya sendiri merupakan buatan bang sucipto (sucipto.id) yang sudah lama sekali yakni di tahun 2012.

Aplikasi ini cukup sederhana dan to the point, tapi justru ini yang membuat saya tertarik. Halaman usernya sudah langsung berupa formulir pendaftaran, jadi tidak membingungkan klik sana - sini.

Formulir sedikit saya modifikasi menyesuaikan kebutuhan, terutama tambahan isian referensi karena disekolah kami bagi guru yang dapat merekomendasikan siswa baru hingga mendaftar mendapatkan poin. Kali ini aplikasi aplikasi saya bagi ulang karena ada sedikit perbaikan di halaman admin yang dulu saya abaikan.
Formulir PPDB
formulir PPDB

Dengan adanya wabah Covid-19 yang mengharuskan segala sesuatunya menjadi daring maka kembali saya gunakan sebagai sarana pendaftaran yang saya tautkan dengan situs utama sekolah.

Perbaikan sederhana ada pada bagian admin yaitu script timer / waktu untuk ucapan salam bagi admin yang tidak berfungsi dengan benar. Maklumlah bisanya cuma mod aplikasi, kalau disuruh bikin dari awal ya nggak bisa, ya paling tidak ngerti dikit untuk keperluan pribadi.

Source code nya sendiri free kok dan masih bisa di sempurnakan lagi, aplikasi ini masih menggunakan php versi 5.6 kalau pakai veri 7.x pasti error. Kredit masih saya tampilkan di bagian bawah untuk bang sucipto sebagai developernya yang juga sudah menyerahkan ke publik untuk dapat digunakan dan di kembangkan lagi.

Tampilan Admin


Fitur-fitur aplikasi sebagai berikut :

Admin:
1. Unduh hasil pendaftar kedalam dokumen excel.
2. Statistik pendaftaran berdasakan jurusan untuk SMK
3. Memberikan pengumuman pagi calon siswa
4. Melihat pendaftar
5. Log login
6. Menerima, Menangguhkan, Menghapus serta Melihat status peserta.

Peserta:
1. Mendapatkan kode password unik untuk login dan melihat status pendaftaran
2. Kirim dan terima pesan ke admin panitia.
3. Cetak formulir keterangan diterima untuk daftar ulang.

Pemasangan aplikasi cukup mudah, tinggal upload seluruh file ke hosting server sebagai top level domain ataupun sub domain. Kemudian buat database berbasis MySQL dan lakukan penyesuaian file konfigurasi database dengan hosting.

Untuk mengelola laman bisa masuk ke halaman "/ppdb/panitia" user dan password defaultnya "admin".

Aplikasi PPDB Online

Database PPDB

Posting Komentar untuk "Aplikasi PPDB Gratis"

Berlangganan via Email