Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Install RTLSDR di Windows dan Seting SDRSHARP

Setelah mengenal RTL-SDR, berikut adalah artikel bagaimana cara memasang driver RTLSDR pada sistem operasi Windows.

1) Download dan Extract  SDR# (SDRSHARP) dari link berikut 

https://airspy.com/download/

2) Download RTL-SDR Drivers, dan extract rtlsdr.dll file dari x32 folder ke SD Sharp folder:

http://osmocom.org/attachments/download/2242/RelWithDebInfo.zip

3) Download zadig dari website nya dan tempatkan kedalam SDR# folder:
https://zadig.akeo.ie

 4) Jika biasanya instalasi driver dengan cara menjalankan file install-rtlsdr.bat yang ada dalam folder SDR#, kali ini akan kita lakukan dengan cara manual. fungsi install-rtlsdr.bat adalah melakukan download file pada langkah 2 dan 3, karena sudah kita download manual, kita tinggal menjalankan file zadig yang ada didalam folder SDR#.

5) Jalankan zadig.exe, centang List all devices pada menu options, jika kamu menggunakan windows 10 buang centang atau uncheck tanda pada "Ignore Hubs or Composite Parents".

 

zadig

6)  Pilih "Bulk-In, Interface (Interface 0)" dari daftar drop-down. Catatan pada beberapa PC kamu mungkin melihat sesuatu seperti RTL2832UHIDIR atau RTL2832U, Ini juga merupakan pilihan yang valid. 

Jangan pilih "USB Receiver (Interface 0) atau Interface 1" atau apa pun atau kamu akan menimpa driver itu! Periksa kembali apakah USB ID menunjukkan "0BDA 2838 00" karena ini menunjukkan bahwa dongle dipilih.

7) Kita perlu menginstal driver WinUSB, jadi pastikan juga bahwa WinUSB dipilih di kotak setelah panah di sebelah tempat dikatakan Driver (ini adalah pilihan default).

Perhatikan bahwa ada beberapa kebingungan untuk beberapa orang tentang langkah ini. Tujuannya adalah untuk menginstal driver WinUSB. Jadi untuk lebih jelasnya, kotak di sebelah kiri panah menunjukkan driver yang sedang diinstal, sedangkan kotak di sebelah kanan panah menunjukkan driver yang akan diinstal di langkah berikutnya.

Pertama kali kamu membuka zadig, kotak di sebelah kiri akan menampilkan 'None', atau driver DVB-T default yang diinstal oleh Windows (RTL2832UUSB), bergantung pada konfigurasi dan versi Windows kamu.

zadig

 

8) Klik Replace Driver. Pada beberapa PC kamu mungkin mendapatkan peringatan bahwa penerbit tidak dapat diverifikasi, tetapi terima saja dengan mengklik "Instal perangkat lunak driver ini". Ini akan menginstal driver yang diperlukan untuk menjalankan SDR. 

Perhatikan bahwa kamu mungkin perlu menjalankan zadig.exe lagi jika kamu memindahkan dongle ke port USB lain, atau ingin menggunakan dua atau lebih dongle secara bersamaan.

9) Saatnya kamu menggunakan aplikasi SDR# atau HDSDR.  untuk monitor frekwensi radio yang kamu inginkan.

Post a Comment for "Install RTLSDR di Windows dan Seting SDRSHARP"

Berlangganan via Email