Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review / Ulasan Green Laser Pointer 303

Postingan lalu kita sudah buat laser pointer sederhana tetapi sangat bermanfaat terutama disaat kamu presentasi dikelas, tutoring, bermain bersama kucing atau apalah ya.

Pada postingan tersebut sudah juga membahas tentang sedikit pengetahuan tentang apa sih laser itu. Kalau kamu belom baca bisa baca artikelnya di Membuat Laser Pointer.

Baru-baru ini saya membeli tiga buah laser pointer terdiri dari 2 jenis yang berbeda, satu buah memiliki tipe laser 303 seharga Rp. 65.000 dan yang lainnya tanpa tipe dan fisiknya mirip ballpoint besar.

Yang mirip ballpoint saya dapatkan seharga Rp. 35.000 terdiri dari warna laser hijau dan biru purple. Saya beli dari toko online langganan saya yaitu Bukapalak, disana banyak sekali ditawarkan dengan beragam harga. Dari pengalaman berbelanja untuk online shop saya, harga sangat bervariasi dengan kualitas dan kelengkapan yang didapat.

Saya ilustrasikan misalnya kamu lihat barang A dengan harga 10.000, pada tampilan di toko lain mungkin saja memiliki gambar yang sama tetapi dengan harga yang lebih rendah atau lebih tinggi, jangan heran karena belum tentu juga barang di toko A dan B adalah identik.

Sebelum saya review perlu saya sampaikan hal diatas, bagi yang sering belanja online pasti akan paham. Intinya satu barang bisa memiliki lebih dari dua jenis kualitas, sama halnya seperti laser yang akan saya sajikan disini.
Blue Laser
Pen Laser Pointer
Pertama laser yang harganya 35.000 rupiah antara yang berwarna hijau dengan yang berwarna blue purple menggunakan baterry 2x AAA, intensitas cahaya yang warna hijau lebih terang dibanding yang blue purple. Dikarenakan jenis warnanya hasil pantulan titik laser atau dot nya yang biru purple  mungkin terasa agak gelap dibandingkan yang hijau.

Namun jika diarahkan ke benda yang berwarna putih seperti plafon atau kain berwarna putih, maka pantulan dan bias dot dari laser ini cukup terang. Berarti ini membuktikan sebenarnya cahaya yang dihasilkan intensitasnya sama dengan yang hijau. Beberapa komentar yang saya baca dari pembeli juga mengatakan kok gak begitu terang ya katanya.

Sementara laser yang berwarna  hijau tampak lebih terang, begitu pula jika di coba pada ruang gelap atau pada saat malam, lintasan laser pun nampak juga tidak seperti yang warna biru purple. Begitu juga hasil dot pada dinding memiliki bias cahaya yang cukup terang disekitarnya. Pada laser pointer merah biasa umumnya tidak memiliki bias cahaya yang terang.

Green Laser
Green Laser 303


Untuk pembelian green laser 303 kita mendapatkan 1x battery tipe 18650/3.7 Volt beserta sebuah chargernya kemudian 1 buah cap tambahan yang bisa dilepas pasang untuk menghasilkan efek cahaya. Fisiknya lebih besar dari pen laser pointer ya karena baterry nya juga lebih besar.

Sinar yang dihasilkan nampak sampai 3x lebih terang dari pen laser hijau, begitu juga dengan lintasan lasernya. Jika diarahkan ke tembok menghasilkan dot dengan bias yang terang menyilaukan, sebenarnya untuk laser ini sudah disarankan pakai kacamata anti laser kalu sering menatap cahayanya.

Green Laser 303 bersifat membakar

Sesuai dengan stiker yang ditempelkan, barang ini bukan untuk dimainkan anak-anak karena berbahaya. Hasil tes saya jika diarahkan ke plastik plastik berwarna gelap dari jarak 10 cm dapat membuat plastik jadi bolong. Karena tidak dapat korek api kayu saya tidak bisa mencobanya, tetapi saya yakin laser ini bisa membakar korek api.

Saya pernah membaca komentar pembeli atas produk sejenis lasernya tidak bisa membakar kepala korek kayu, nah ini mungkin dikarenakan banyaknya jenis dan kualitas yang berbeda dipasaran walaupun secara fisik sama.

Kalau merujuk dari halaman amazon green laser 303 ini memiliki output 100mW (milli watt) yang saya perkirakan awal hanya laser dengan kekuatan 300mW keatas yang memiliki daya bakar.

Oh ya selain memiliki cap tambahan, bagian depan laser ini juga memiliki lensa yang bisa atur sehingga laser dot yang dihasilkan bisa membesar.

Sedangkan untuk keamanan, laser dapat dinonaktifkan dengan mengunci bagian belakang sehingga tombol on/off sinar laser tidak berfungsi. Kunci disediakan dalam paket sebanyak 2 buah.

Kesimpulannya laser 303 lebih cocok digunakan sebagai pointer dilapangan yang menunjuk benda lebih jauh ketimbang untuk presentasi. Sangat cocok untuk suar saat naik gunung atau lainnya karena lintasan laser dapat terlihat jelas.

Semoga nanti saya bisa dapatkan laser berkekuatan 1000 mW untuk di review, dimana laser ini dalam penggunaanya sudah pada tingkat kita wajib pakai kaca pelindung dimana cahaya yang dihasilkan sudah memiliki daya bakar yang cukup kuat.

Post a Comment for "Review / Ulasan Green Laser Pointer 303"

Berlangganan via Email