Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Kerja Sensor Kamera

Dengan semakin maraknya penggunaan kamera pada zaman sekarang ini dan di masa yang mendatang, perlu rasanya kita mengetahui bagaimana cara kerja dari sebuah kamera dalam menangkap gambar.

Seperti kita ketahui bersama, saat ini kamera saku keberadaannya mulai tergantikan oleh kamera handphone yang semakin lama kualitas nya melampaui kamera saku, baik dari segi portabel, gambar yang dihasilkan, maupun fitur tambahan seperti AI, beautify, stiker dan lain sebagainya.

Sensor Kamera

Sensor kamera merupakan bagian terpenting pertama bagi sebuah kamera dalam menangkap image atau gambar yang terproyeksi dari hasil penangkapan lensa.

Ada dua jenis sensor kamera yang umum digunakan yaitu CCD (Charged Couple Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semikonduktor).

Sensor kamera hp
Sensor kamera HP

CCD sensor
CCD sensor


Kedua sensor secara fisik hampir sama, permukaannya nampak berwarna pelangi tetapi keduanya memiliki cara kerja yang berbeda dalam memproses citra gambar yang ditangkap oleh lensa di depannya.

Kedua teknologi tersebut sudah dikenal sejak tahun 1960 an, sensor CCD memiliki keunggulan dalam menangkap citra dibandingkan sensor CMOS, namun juga memiliki kekurangan. Seiring perkembangan teknologi, sensor CMOS telah dapat menyaingi kualitas dari CCD.

Global Shutter vs. Rolling Shutter

Global Shutter pada CCD berarti bahwa seluruh elemen gambar diambil pada waktu yang bersamaan. Seperti pada slide film kamera jaman dulu. Sementara Rolling Shutter pada sensor CMOS, menangkap setiap piksel satu per satu. Setiap baris piksel (dari atas ke bawah) diambil secara berurutan, menciptakan efek bergulir, makanya diistilahkan dengan "Rolling Shutter".

Perbandingan sensor CCD dengan sensor CMOS

1. Lebih sensitif terhadap cahaya dan noise yang rendah, namun CCD juga lebih boros daya.
2. Biaya produksi CCD lebih mahal ketimbang CMOS
3. CCD merupakan sensor analog yang melakukan konversi ke digital pada rangkaian diluar sensor, sehingga lebih lambat.

Kesimpulan

Sensor kamera pada dasarnya memiliki fungsi sama yaitu mengubah cahaya yang masuk melalui lensa menjadi elektron dan mengkonversi kebentuk digital.

Dahulu pada kamera premium banyak menggunakan sensor CCD sedangkan kamera murah menggunakan teknologi CMOS. Sekarang teknologi CMOS sudah berkembang pesat dengan berbagai kelebihannya sehingga keberadaan CCD mulai tergeser.

CMOS (Complementary Metal Oxide Semikonduktor) sebenarnya adalah bahan dasar sebagian besar microchip pada perangkat elektronik seperti halnya mikroprosessor pada komputer maupun chip memori.

Demikian ulasan saya tentang sensor kamera secara garis besarnya, sehingga kamu punya pengetahuan dasar apa dan bagaimana sensor kamera yang ada di handphone kamu bekerja.

Post a Comment for "Cara Kerja Sensor Kamera"

Berlangganan via Email