Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Webcam Logitech C270, Bongkar !

logitech c270

Seperti janji saya sebelumnya, di artikel webcam SPC WC02, di sini saya akan ulas sedikit tentang webcam logitech c270 yang baru saya beli menurut versi saya tentunya, ulasan detil dalam bentuk video sudah banyak ya tapi kalo bongkar kayaknya belom deh.

Webcam Termurah Dari Logitech

Harga yang saya dapatkan beli secara online di Bukalapak seharga Rp. 348.800

Seri c270 merupakan webcam termurah keluaran Logitech, namun demikian jika dibandingkan dengan produk-produk tanpa merk atau merk yang belom punya nama, saya sarankan dapat memilih seri ini sebagai salah satu daftar beli.


Logitec dan SPC Webcam

Sekali lagi saya tidak membuat video unboxing untuk webcam yang saya beli ini, karena sudah banyak alias mainstream juga di youtube. Disini nanti saya tampilkan perbandingan antara webcam logitech ini dengan yang SPC WC02 yang saya beli lebih dulu.

Sebenarnya dihari yang sama datangnya webcam ini, saya juga unboxing webcam milik sekolah yang saya pesan yaitu seri c922 pro seharga 2 juta rupiah untuk studio rekaman guru-guru namun tidak akan saya ulas karena bukan milik saya hehehe.

Baik, berikut saya ulas dari apa yang sudah saya coba dengan webcam ini setelah di unboxing. Kesan pertama adalah ketika setiap saya melakukan unboxing adalah melihat bahan produksi secara keseluruhan beserta kerapian produk.

Apakah antara harga yang dibayarkan dengan produk yang kita dapatkan sesuai adanya. Karena sudah bukan hal aneh kalau belanja online, antara gambar dan kenyataan tidaklah sama.

Kualitas Fisik Bagus

Secara tampilan fisik c270 dikemas dengan sangat baik, bahan bodi plastiknya juga halus dan rapi serta nampak kalau bahan plastik yang bermutu. Panjang kabel USB nya standar 1,5 meter seperti webcam lainnya dan ada tambahan filter dekat colokan USBnya.


c270 uncover
Logitech c270 uncover

Begitu juga saat saya lakukan pembongkaran produk, membuka bagian dalam webcam ini sangat mudah. Tiga buah baut bisa dilihat setelah melepas cover plastik bagian depan dengan mudah.

Nampak cetakan plastik bagian dalam pun rapi, tidak seperti produk abal-abal yang biasanya rapi bagain luar saja. SPC WC 02 yang harganya 175 ribu pun nampak kualitas plastiknya tidak sebagus logitech ini.


Bagian dalam logitech c270
Bagian dalam logitech c270

Nampak pada jeroan c270 menggunakan chip bertuliskan Quic Cam Logitech 334-000121 2029-dg. SPC WC02 mic dihubungkan dengan kabel kemudian di lem pada cover depan, sementara logitech c270 seluruh komponen berada pada board, termasuk mic nya yang terpatri rapi dan terbungkus dengan tambahan corong yang nantinya tepat berada di lubang-lubang cover depan.

Bongkar webcam SPC WC02 bisa kamu baca lewat tautan ini.

Ukuran fisik logitech c270 lebih kecil dari  spc wc02, namun menariknya webcam spc wc02 punya bentuk yang sangat mirip dengan tipe Logitech brio 4k yang harganya mencapai 4 juta lebih.

Sayangnya penyangga webcam logitech tipe ini tidak dilengkapi lubang baut tripod seperti milik wc02 maupun c922. Tetapi tetap walaupun c270 adalah produk termurah logitech, penyangga miliknya juga mantap dan berat terbuat dari logam, sehingga lebih stabil saat di sematkan di layar.

Logitech Dilengkapi Dukungan Software.

Webcam c270 punya aplikasi kamera dan video capture yang bisa di download pada situs resminya. Ketika saya coba selain terdapat pengaturan warna, aplikasinya punya fitur perekaman berdasarkan adanya pergerakan (motion sensor) dan kamera bisa mengikuti pergerakan wajah.

Kesimpulan

Kalau kamu cari webcam sekedar untuk video chat atau buat recording pembelajaran maupun tutorial, saya rasa kedua webcam yang saya bahas ini bisa jadi pilihan murah. Kedua microphone webcam ini sudah bisa digunakan dengan baik pada aplikasi OBS studio dengan menambahkan filter mic bawaan aplikasi.

Tapi kalau untuk streamer maupun recording yang butuh kualitas mantap ya saya pilih c922 pro stream yang punya mic stereo, resolusi full HD 1080 dan 720 dengan refresh rate hingga 60hz.

Post a Comment for "Webcam Logitech C270, Bongkar !"

Berlangganan via Email