Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Akhirnya RTL-SDR Yang Original Tiba Di Rumah

 

rtl-sdr
RTLSDR Asli dari rtl-sdr.com

Setelah sekian lama akhirnya jadi juga beli RTLSDR yang original alias yang asli, oke sebelum membahas soal asli dan palsu, apa itu RTLSDR sudah pernah saya ulas di artikel sebelumnya di Mengenal RTL SDR ya.

YANG ASLI DAN YANG PALSU

Kebetulan ada sedikit rejeki lebih akhirnya saya putuskan untuk jadi membeli hardware ini dengan pertimbangan memiliki guna yang cukup banyak terutama dibidang telekomunikasi. Dimana sebelumnya saya sudah pernah beli yang versi paling murahnya, jadi bukan palsu ya.

Nah kalau yang dimaksud palsu adalah semacam tiruan dari yang asli, bisa dilihat dari gambar yang saya sajikan di halaman ini. Yang asli saya maksud adalah rtlsdr yang dikembangkan dengan fitur tambahan oleh blog rtl-sdr.com, sementara komponen utama tentunya merupakan pabrikan realtek Taiwan.

Pada produk yang termurah saya maksud berupa USB Dongle DVB-T Tuner (Digital Video Broadcasting-Tuner) yang harganya berkisar 150  ribuan rupiah yang sebenarnya diperuntukkan untuk menangkap siaran TV Digital dan dapat di tonton melalui PC dengan tambahan aplikasi.

Namun demikian dengan komponen utama didalamnya, USB Dongle ini dapat digunakan pada fungsi lainnya, mengingat ia dapat menerima dan memproses frekwensi mulai 25 Mhz hingga 1,7 Ghz yang artinya dapat menangkap dan memproses berbagai sinyal radio, mulai dari radio FM, Air Band (Komunikasi pesawat komersil), radio amatir, militer, satelit, hingga GSM.

RTL-SDR DVB-T
RTLSDR versi ekomis

RTL-SDR versi ekonomis pada gambar diatas yang pada bundelnya disertai remote control sedianya digunakan untuk perangkat penerima DVB-T atau siaran TV digital.

Sementara pada gambar paling atas merupakan produk asli dari blog rtl-sdr.com yang lebih ditujukan kepada para penggiat hobi telekomunikasi, karenanya memiliki fitur yang lebih baik yang telah saya ulas di artikel terdahulu.

Sementara di gambar berikut ini bisa kamu saksikan produk tiruan yang saya katakan palsu karena sangat mirip sekali, serta gambar produk tiruan lainnya.

fake rtlsdr
Palsu dengan 4 baut

fake rtlsdr
Produk palsu lainnya tanpa tulisan com

fake rtlsdr
Produk tiruan lainnya

Nah itulah beberapa gambaran yang bisa saya ulas, dengan demikian secara bersama kita bisa jeli dalam memilih produk yang akan kita beli. Berikut penampakan unit yang saya beli dan langsung bongkar untuk memastikan keasliannya.

Dibagian bawah board terdapat thermal pad sehingga panas komponen tersalurkan ke body unit yang terbuat dari alumunium, mengingat kedua microchip utama menghasilkan panas yang cukup tinggi.

Saya beli dari Bukalapak dengan harga Rp. 559.000 ditambah ongkir Jakarta - Bontang menjadi Rp. 635.000

ori rtlsdr
Bagian dalam RTLDR asli

improvement v3 rtlsdr

Demikian artikel singkat kali ini, mengenai hasil dari penggunaan unit sebagai proyek DIY kedepan akan saya buatkan artikel mendatang dan mudah-mudahan mendapat hasil yang lebih baik.


Post a Comment for "Akhirnya RTL-SDR Yang Original Tiba Di Rumah"

Berlangganan via Email