Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ini Dia Antena Untuk Semua Frekwensi Radio

 

Super Discone D3000N
Super Discone D3000N

Tiba-tiba saja ada keinginan mengulas salah satu jenis antena idaman ini, kenapa? Ya karena antena ini cukup spesial dibandingkan dengan jenis antena lain pada umumnya.

Antena sebagai salah satu komponen kritis dalam dunia telekomunikasi berfungsi layaknya sensor dan pelontar, antena dikatakan baik jika dapat melakukan penerimaan gelombang radio pada frekwensi yang dibutuhkan secara sensitif (fungsi sensor).

Serta dapat melontarkan gelombang radio seoptimal mungkin atau sejauh mungkin pada frekwensi yang diinginkan.

Merujuk pada artikel Jenis Antena dan Fungsinya, secara umum sebuah antena akan berfungsi optimal hanya pada jangkah atau range frekwensi yang tidak terlalu lebar sesuai dengan rumusan. Semisal antena VHF tidak akan optimal pada penggunaan UHF atau sebaliknya, namun demikian sudah umum adanya antena dual band yang cukup baik bekerja pada dua pita frekwensi.

Pada penggunaan khusus biasanya antena optimal hanya memiliki penggunaan range pada satu pita frekwensi saja semisal antena marine atau komunikasi kapal laut yang bekerja pada frekwensi 156 Mhz sampai 162.050 Mhz.

Multiband Antena

Bagi penggiat atau hobi dibidang telekomunikasi radio memang biasanya memiliki ketertarikan pada banyak pita frekwensi dan hasilnya disekitar rumah terpasang beberapa jenis antena sesuai pita frekwensinya, ini akan menjadi sulit ketika seseorang memiliki lahan terbatas seperti apartemen misalnya.

Oleh karena itu dengan adanya antena multiband seperti jenis Discone menjadi salah satu pilihan untuk dapat bekerja pada pita frekwensi yang sangat lebar. 

Antena Super Discone misalnya dapat bekerja baik pada frekwensi penerimaan 25 Mhz hingga 3000Mhz (3 Ghz) serta pemancaran pada frekwensi 50 Mhz hingga 1200 Mhz. Antena produksi merk Diamond ini di bandrol seharga 119 euro atau sekitar 2 juta rupiah.

Di pasaran luar sebenarnya harganya tidak terlalu tinggi, kita bisa dapatkan denga harga kisaran 1,5 juta untuk beberapa tipe. Sementara saya cek di toko online bukalapak dan shopee hanya ada antena discone produk Icom tipe AH-8000 100Mhz - 3300Mhz seharga 3,8 juta.

Lantas apa spesialnya ? 

Dengan range pita frekwensi yang lebar dimiliki oleh antena ini maka khusus para penghobi radio scanner yang ingin melakukan pemantauan ataupun telekomunikasi radio di banyak frekwensi dapat hanya menggunakan satu antena ini saja.

Ia dapat digunakan untuk frekwensi CB (27Mhz), FM (88-108Mhz), Air Band (108-136 Mhz), Radio Amatir, Milter, GSM, ADSB dan lai-lain.

Antena Yaesu ATAS

Antena lain yang dapat bekerja pada multiband atau all band adalah Yaesu ATAS (Active Tuning Antenna System). Antena ini khusus diperuntukkan beberapa tipe radio keluaran Yaesu dengan tipe ATAS system seperti tipe FT-897, FT-857 dan lainnya.

Dibagian bawah antena ini dilengkapi dengan motor yang dapat mengatur kumparan antena untuk bekerja optimal pada pita frekwensi yang diinginkan. Antena ini dibandrol dengan harga $382.99 atau sekitar 5,5 juta rupiah di amazone.com 

Yaesu ATAS
Yaesu ATAS 120A


Oke sobat demikian artikel tentang antena kali ini, kalau kamu punya pengalaman dengan antena tersebut diatas bisa komen di bawah. Saya pribadi belom kesampaian untuk meminang discone antena untuk keperluan radio multiband yang saya punya.

Salam telekomunikasi!

Post a Comment for "Ini Dia Antena Untuk Semua Frekwensi Radio"

Berlangganan via Email