Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Free Noise Canceling Untuk Microsoft Windows

 

Equalizer APO
Equalizer APO Interface

Bermula dari kegiatan saya membuat video tutorial atau pembelajaran menggunakan aplikasi Fast Stone Capture, saya mencoba mencari satu aplikasi Noise Canceling atau Noise Suppression untuk bisa dipadukan dengannya.

Satu hal yang tidak ada atau belom ada di aplikasi FS Capture sebagai Screen recorder ini, walaupun juga tidak memiliki kemampuan dalam penangkapan kamera seperti OBS, Bandicam dan lainnya, namun aplikasi FS capture memiliki beberapa keunggulan lainnya yang saya sukai.

Artikel khusus mengenai aplikasi FS Capture bisa di baca pada FS Capture Aplikasi Image Capture dan Screen Recorder Yang Super Handal.

Pemasangan aplikasi ini cukup mudah, jadi pertama kita download dan install aplikasi utamanya berupa aplikasi Equalizer APO sebesar 8Mb, File berupa arsip zip yang setelah kita extract bisa langsung di install.

Setelah selesai proses install akan muncul popup jendela configurator, centang saja semua pilihan yang ada pada tab capture device, kemudian restart komputer . Di gambar nampak saya menggunakan fasilitas mic dari webcam Logitech seri C270 yang terjangkau.

Configurator

Konfigurasi diatas dapat diubah sewaktu waktu melalui aplikasi equalizer. 

  • Cari aplikasi yang sudah diinstall tadi melalui tombol Start menu windows di folder EqualizerAPO dan jalankan file Configuration Editor (yang ada gambar pensil), maka akan terbuka aplikasi Equalizer.
  • Selanjutnya extract file Plugin Noise dari folder /bin/vst/librnnoise_vst.dll dan copy di drive c:/
  • Kembali ke aplikasi Equalizer, klik tanda + hijau di panel kiri bawah, klik menu Control-Device(select device) , akan muncul panel baru selanjutnya klik menu Change kemudian silahkan pilih perangkat input mic yang akan digunakan, silahkan hilangkan dulu centang dikiri atas (select all devices) agar bisa memilih salah satu perangkat input anda.
  • Klik tanda + hijau lagi di panel kiri bawah, klik menu Plugins-VST Plugin, maka akan ada panel tambahan baru lagi.
  • Klik gambar folder disamping menu Options, dan arahkan ke file librnnoise_vst.dll yang ada di drive c:/ tadi dan selesai sudah...

Dalam penggunaanya cukup nyalakan tombol yang ada pada panel Equalizer saja, karena tombol yang lain ketika dinyalakan justru malah tidak aktif.


 

Link download :

Aplikasi Equalizer 8Mb

Plugin noise suppression 2Mb

Sesuaikan pilihan download, umumnya komputer sekarang adalah 64bit jadi pilih yang x64. 

Demikian yang bisa saya share di artikel ini, untuk lebih jelas bisa menonton video yang ada dibawa artikel ini. Aplikasi ini bisa dipadukan dengan aplikasi online meet seperti Google Meet ataupun Zoom untuk mengurangi noise pada penggunaan di rumah.

Dalam video yang saya buat di artikel ini bisa didengar (gunakan headset) perbedaannya secara live ketika menggunakan noise canceling dan ketika tidak menggunakannya, pada bagian akhir video saat saya lepas plugin terdengar background suara kipas angin.

Kalau kamu punya pengalaman yang berbeda  dengan aplikasi ini, boleh berbagi lewat kolom komentar dibawah supaya sama-sama bisa merasakan manfaatnya, wasalam...


Insatalasi Noise Cancelling Untuk Windows

Post a Comment for "Free Noise Canceling Untuk Microsoft Windows"

Berlangganan via Email